Pengaruh Implementasi Pengendalian Internal Terhadap Fraud (Studi Kasus pada Itwasda Polda Metro Jaya)

Eddy Sarwono

Abstract


Pengendalian internal secara berkala telah dilakukan oleh para pimpinan Polri untuk dapat mencegah fraud. Pada organisasi tingkat Polda, pengawasan dan pengendalian internal dilaksanakan oleh Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) yang bertugas menyelenggarakan pengawasan dan pemeriksaan umum dan perbendaharaan dalam lingkungan Polda termasuk satuan – satuan organisasi non struktural yang berada di bawah pengendalian Kapolda. Penelitian ini berusaha mengungkapkan pengaruh implementasi pengandalian internal terhadap fraud di Polda Metro Jaya. Data penelitian diperoleh dengan survei lapangan melalui wawancara dengan Irwasda Polda Metro Jaya dan distribusi kuesioner kepada 15 orang anggota Inspektorat Pengawasan dan Daerah (Itwasda) di Polda Metro Jaya. Studi kepustakaan dilakukan untuk memperoleh teori dan penelitian terdahulu yang relevan. Analisis deskriptif dan verifikatif dilakukan untuk memperoleh jawaban atas masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Polda Metro Jaya implementasi pengendalian internal berada pada kategori baik,fraud berada pada kategori yang rendah, dan implementasi pengendalian internal berpengaruh secara signifikan terhadap fraud. Saran yang diajukan adalah bahwa Polda Metro Jaya perlu meningkatkan aspek informasi dan komunikasi dalam pengendalian internal, mengoptimalkan monitoring dalam aspek fraud, dan mengimplementasikan pengendalian internal dengan optimal untuk meminimalisir terjadinya fraud.

 

Kata kunci: pengendalian internal, fraud, Polda


Full Text:

PDF

References


ACFE, 2000, Fraud Examiners Manual, Third Edition.

Agoes, Soekrisno, 2004, Auditing, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Arens, Alvin A., Randal J. Elder dan Mark S. Beasley, 2012, Auditing and Assurance Services, Fouteenth Edition, Pearson.

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Bina Aksara, Yogyakarta.

Beasley, M, J. V. Carcello, dan P. Lapides, 2000. Fraudulent Financial Reporting: Consideration of Industry Traits and Corporate Governance Mechanisms, The CPA Journal.

BPK RI, 2012, BPK dan Polri Bahas Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan, 14 Desember 2012, http://www.bpk.go.id/web

Bryan, K., McMillan, Jeffrey J., dan Schneider, Arnold, 2001, Reporting during Analytical Procedures, Auditing: A Journal of Practice & Theory, Vol. 20, No. 1

Cambell, Hendry Cambell, 1990, Black Law Dictionary, St. Paul Minn: West Publishing. Co.

Colbert, Janet L. dan C. Wayne Alderman, 1998. The Internal Auditor's Responsibility for Fraud, The CPA Journal.

Committee of Sponsoring Organization of The Treadway Commission (COSO), 1999, Internal Control Integrated Framework, AICPA Publication, USA.

Davis, James R., Alderman, Wayne C., dan Robinson, Leonard A., 1990. Accounting Informaation System : A Cycle Approach, 3th Edition, John Wiley and Sons, New York,.

Effendi,Taufiq, 2007, Agenda Strategis Reformasi Birokrasi Menuju Good Governance , Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Gujarati, Damodar, 2006, Dasar-Dasar Ekonometrika, Erlangga, Jakarta.

Hartadi, Bambang, 2003, Sistem Pengendalian Internal dalam Hubungannya dengan Manajemen dan Audit, Edisi ketiga, Cetakan pertama, BPFE,Yogyakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2001, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.

Kerlinger, Fred N. dan Pedhazur E.J., 1973, Multiple Regression in Behavioral Research, New York, Holt Rinerhart & Winston Inc.

Malhotra, Naresh K, 2005, Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Montgomery, DC. dan Hines, W.W, 1990, Probabity dan Statistika dalam Ilmu Rekaysa dan Manajemen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Mulfrod dan Comiskey, 2002, The Financial Numbers.

Mulyadi, 2002, Sistem Akuntansi, cetakan keempat, Salemba Empat, Jakarta.

Nazir, M., 2003, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sekaran, Uma. 2010. Research Methods For Business. Third Edition. John Wiley & Sons, Inc., New York.

Strawser, 2001, Auditing: Theory and Practice, Ninth Edition, Thompson Learning.

Sugiono, 2008, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Tommie, W., Singelton, Aaron J, G. Jack Bologna, dan Robert J. Lindquist., 2010. Fraud Auditing & Forensic Auditing. Willey & Sons, Inc.

Tuanakota, Theodorus M., 2006, Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif, Jakarta, FEUI.

Umar, Husein, 2005, Metode Penelitian, Salemba Empat, Jakarta

Wilopo, 2006, Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi : Studi pada Perusahaan Publik dan Badan Usaha Milik Negara di Indonesia, Simposium Nasional Akuntansi (SNA) 9, Padang, 23 – 26 Agustus 2006.




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v20i1.4066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614