Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan di Kota Medan)

susilawati susilawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya rasio kepatuhan wajib pajak dalam menjalankan kewajiban perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan  wajib pajak orang pribadi  non karyawan dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Faktor-faktor yang diperkirakan memiliki pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi adalah kesadaran wajib pajak, efektifitas system perpajakan, pelayanan fiskus, transparansi dan akuntabilitas . Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi  non karyawan yang ada di kota Medan. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah  metode survei dengan menggunakan media kuesioner.  Data dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,596  menyatakan bahwa hubungan antara kesadaran wajib pajak, efektifitas system perpajakan, pelayanan fiskus dan transparansi dan akuntabilitas  terhadap kepatuhan wajib pajak adalah positif dan cukup kuat. Nilai R square sebesar 0,355 menyatakan bahwa kesadaran wajib pajak, efektifitas system perpajakan, pelayanan fiskus, transparansi dan akuntabilitas menjelaskan kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan sebesar  35,5% dan sisanya 64,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Uji t (secara parsial ) kesadaran wajib pajak memiliki pengaruh  terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan.  Efektifitas system perpajakan, pelayanan fiskus dan transparansi dan akuntabilitas tidak  berpengaruh  terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan. Secara simultan (uji F), kesadaran wajib pajak, efektifitas system perpajakan, pelayanan fiskus dan transparansi dan akuntabilitas berpengaruh  terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan.

Kata Kunci : kepatuhan, wajib pajak orang pribadi non karyawan


References


Priyatno,Duwi. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. 2009. Yogyakarta:Andi.

Resmi, Siti. 2014.Perpajakan,Teori dan Kasus. Edisi 8. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Waluyo. 2008. Perpajakan Indonesia. Cetakan 8. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria

Daulay, Hairani. 2011. Analisis Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Sebelum dan Sesudah Modernisasi Administrasi Perpajakan pada KPP Pratama Medan Belawan (Tahun 2005-2010).Tugas Akhir. Politeknik Negeri Medan.

Muliari, Ni Ketut dan Putu Ery Setiawan. 2009. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Denpasar Timur. FE Universitas Udayana.

Nuroktaviani, Yeyen Rumi. 2011. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepatuhan Membayar Wajib Pajak (Studi Kasus di KPP di Jakarta Kelapa Gading). Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Publik. Volume 7,No.1, Januari 2012.Hal 61-72

Safri, Ratriana Dyah. 2013.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi di Wilayah KPP Pratama Yogyakarta).Tugas Akhir. FE Universitas Negeri Yogyakarta

Saragih, Sinta Mayasari. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Medan Timur). Tesis. Universitas Negeri Medan.

Sinaga, Tika Winda. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Penghasilan Orang Pribadi. Tesis. Universitas Negeri Medan.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta : P.T. Rajagrafindo Persada

Utami, Thia Dwi dan Kardinal. 2011. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Palembang Seberang Ulu. Jurusan Akuntansi S1 STIE MDP.

Widyanti, Kristina. 2013. Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi kepatuhan pemilik usaha kecil menengah dalam membayar pajak di kota Medan. Tesis. Universitas Negeri Medan.

Yogatama,Arya. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi di Wilayah KPP Pratama Semarang Candisari).Skripsi. FEB Universitas Diponegoro Semarang

www.pajak.go.id. Artikel Pajak.12 Juni 2016.

______________. Pengertian Wajib Pajak Patuh.12 Juni 2016.

www. staf.ui.ac.id. Teknik Sampling.14 Juni 2016

www.id.wikipedia.org. Defenisi Persepsi, Transparansi,dan Akuntabilitas.14 Juni 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: