DETERMINASI PENGUNGKAPAN SUKARELAPERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

dinda pramaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), ukuran perusahaan dan kepemilikan saham publik terhadap luas pengungkapan laporan keuangan  pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2015. Populasi di penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2015 sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 26 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan periode waktu 4 tahun, sehinga total sampel penelitian yang digunakan sebanyak 104 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.

               Berdasarkan hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa variabel Net Profit Margin (NPM) dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan laporan keuangan. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan besar yang memiliki laba yang tinggi cenderung akan melakukan pengungkapan laporan keuangan yang luas.

 

Kata Kunci : Luas pengungkapan laporan keuangan, Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio  (DER), Current Ratio (CR), ukuran perusahaan, kepemilikan saham publik

 


References


Ainun, N dan Fu’ad, R. 2000.Analisis Hubungan antara Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan dengan Struktur Modal dan Tipe Kepemilikan Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol 15 No.1: 70 – 82

Bastian, Indra dan Suhardjono. 2006. Akuntansi Perbankan. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Chariri dan Ghozali, Achmad. 2003. Teori Akuntansi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Daniel, Ulfandri, Niko. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Likuiditas Terhadap Luas Pengungkapan Laporan Keuangan. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Faisal. 2013. Karakteristik Perusaahaan dan Industri Terhadap Pengungkapan Dalam Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public. Jurnal Akuntansi Keuangan. ISSN 2303-1174 : Universitas Sam Ratulangi Manado

Fitriani. 2001. Signifikan perbedaan Tingkat Kelengkapan Pangungkapan Wajib dan Sukarela pada Laporan Keuangan Perusahaan Publik yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi IV.Bandung

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponegoro.

Halim, Moh dan Sampurno, Vicky. 2015. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Laporan Keuangan ( Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2012-2014. Jurnal akuntansi keuangan. Vol. 1.No.2 : Universitas Muhammadiyah Jember.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat

Kartika, Andi. 2007. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi Keuangan. Vol. 1 No. 1.Unisbank Semarang.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lestari, Ika, Maharani. dan Sugiarti, Totok. (2007). Kinerja Bank Devisa dan Bank Non Devisa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Proceeding PESAT. Vol.2

Munawir. 2005. Auditing Modern. Edisi pertama.Catatan keempat. Yogyakarta BPFE.

Nugraheni, B.Linggar Yekti.,Oct.Digdo Hartomo, dan Lucia Hary Patwoto. 2002. Analisis Faktor-faktor Fundamental Perusahaan Terhadap Kelengkapan Laporan Keuangan. Jurnal Dian Ekonomi. Vol. 8.

Nugroho, Jati, Bagas. 2010. Pengaruh Pengungkapan Sukarela Terhadap Hubungan Antara Laba dengan Return Saham Dalam Laporan Tahunan. Skripsi. Universitas Diponegooro.

Pradifta. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuagan pada Perusahaan Telekomunikasi di BEI 2008-2012. Skripsi.Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Puspitasari, Diana. 2009. Analisis Pengaruh CAR, NPL, PDN, NIM, BOPO, LDR dan Suku Bunga Sbi Terhadap ROA. Tesis. Megister Manajemen, Universitas Diponegoro Semarang.

Putri, Septiana. Yuniarta, Adi. dan Darmawan Surya. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan,Proporsi Kepemilikan Saham, Ukuran, dan Status Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013. Jurnal Akuntansi. Volume 3 No. 1.

Ross, Stephen A., Randolph W. Westerfield, dan Bradford D. Jordan. 2009. Pengantar Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Sawir, Agnes. 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT Gramedia Pustaka, Jakarta.

Widiastuti.2002. Pengaruh Luas Ungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan Terhadap Earning Response Coiffceent (ERC).Simposium Nasional AkuntansiV. Semarang : 5-6.

Wardani. 2009. Riset Sumber Daya Manusia.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wardani, Purwita. 2012. Faktor-Faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan Sukarela. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.Vol. 14.No. 1.

Widiastuti. 2002. Pengaruh Luas Ungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan Terhadap Earning Response Coiffceent (ERC). Simposium NasionalAkuntansi V. Semarang : 5-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: