Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen

Wenny Anggeresia Ginting, Munawarah Munawarah

Abstract


Kebijakan dividen adalah keputusan perusahaan untuk membayarkan sebagian atau seluruh laba yang diperoleh kepada pemegang saham yang ditetapkan dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Variabel independen dalam penelitian ini adalah laba bersih (profitabilitas) yang diukur melalui ROE, arus kas dan utang (leverage) yang diukur melalui DER. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kebijakan dividen yang diukur dengan DPR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis apakah ROE, arus kas dan DER memiliki pengaruh signifikan terhadap DPR pada Perusahaan Jasa dan Investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode studi dokumentasi berupa laporan keuangan tahunan perusahaan dari tahun 2012-2014. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Dari total 60 perusahaan, hanya diambil 17 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Nilai R Square (R²) adalah 0,328 yang mengindikasikan bahwa variasi variabel kebijakan dividen dapat dijelaskan oleh variasi variabel laba bersih, arus kas, dan utang sebesar 32,8 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan laba bersih, arus kas dan utang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Secara parsial laba bersih (profitabilitas) tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, arus kas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, dan utang(leverage) berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen.

Kata Kunci : Profitabilitas, Arus Kas, Leverage, Kebijakan Dividen

 


Full Text:

PDF

References


Anil, K. dan Kapoor, S. 2008. Determinant of Dividend Payout Ratio – A Study of Indian Information Technology Sector. International Research Journal of Finance and Economics. (15): 63 – 71.

Andriyanti, Lina. Wirakusuma, Made Gede. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Arus Kas Bebas Terhadap Kebijakan Deviden Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasian. E-Jurnal Akuntansi. (l) : 245-262.

Aqel,Saher. 2016. An Empirical Investigation of Corporate Dividend Payout Policy in an Emerging Market: Evidence from Palestine Securities Exchange. Research Journal of Finance and Accounting. 7(6).

Brealey, et.al. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Penerbit Erlangga.

Brigham, Eugene F. dan Houston,Joel F. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Essentials of Financial Management). Buku Satu, Edisi Kesebelas. Salemba Empat. Jakarta

Dhira, Wulandari, dan Wahyuni. 2010. Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen (JEAM). 13 (2) : 72-86

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Cetakan Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumanti., Tatang Ary. 2013. Kebijakan Dividen: Teori, Empiris, dan Implikasi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hadi, Nor. 2013. Pasar Modal (Acuan Teoritis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modal). Ed. 1, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jayati dan Cahyonowati. 2014. Analisis Pengaruh Cash Flow Terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan Dengan Size Perusahaan dan Life Cycle Perusahaan Sebagai Moderating Variable. Diponegoro Journal of Accounting. 3(2): 1-9.

Kapoor, S., K. Anil dan A. Misra. 2010. Dividend Policy Determinants of Indian FMCG Sector: A Factorial Analysis. Journal of Modern Accounting and Auditing. 6(9):50-64.

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Prihadi, Toto. 2010. Analisis Laporan Keuangan (Teori dan Aplikasi). Jakarta: PPM.

Ratinah.2008. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Profitabilitas dan Hutang Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE UGM.

Siti, Nur Rita.2015.Pengaruh Arus Kas, Likuiditas, dan Laba Bersih Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Go Public Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. Jurnal Akuntansi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Sjahrial, Dermawan. 2006. Pengantar Manajemen Keuangan. Ed. 1, Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Soemarso. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar. Ed. 5, Jakarta: Salemba Empat.

Subramanyam. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Ed. 10, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono.2011. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke-19. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. Analisis Laporan Keuangan untuk Bisnis (Teori dan Kasus). Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS, 2013.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian (Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta.

Syahyunan. 2013. Manajemen Keuangan (Perencanaan, Analisis dan Pengendalian Keuangan). USU Press, Medan.

Syamsuddin, Lukman. 2013. Manajemen Keuangan Perusahaan (Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan). Cetakan ke-12. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

www.idx.go.id




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v20i2.4100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614