Penyusunan Laporan Keuangan Berstandar SAK EMKM (Studi Kasus Pada Budidaya Ikan Nila Sejahtera Pontianak)

Doddy Primayudia

Abstract


ABSTRAK

UMKM adalah salah satu pelaku ekonomi yang mendominasi perekonomian Indonesia. UMKM ini terdiri dari berbagai macam sektor, salah satu sektor UMKM yang banyak dijumpai di Kota Pontianak, Kalimantan Barat adalah usaha budidaya ikan nila di budidaya apung. Kurangnya pengetahuan pelaku UMKM mengenai pentingnya laporan keuangan membuat usaha mereka sulit untuk dilihat kondisi keuangannya. Tujuan dari penelitian ini selain untuk membantu pemilik UMKM dalam menyusun laporan keuangan yang berstandar, relevan, dan dapat diandalkan, juga untuk mengetahui perlakuan aset biologis berupa ikan nila pada laporan keuangan sesuai standar yang berlaku.

 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data diperoleh dengan cara wawancara dan observasi ke lapangan. Setelah data diperoleh, maka diketahui bahwa aset biologis berupa ikan nila diakui sebagai persediaan, dan diukur berdasarkan nilai pasarnya, kemudian laporan keuangan juga disusun dengan standar SAK EMKM.


Keywords


Aset Biologis, Laporan Keuangan, SAK EMKM

Full Text:

PDF

References


Elad, C. & K. Herbohn. (2011). Implementing Fair Value Accounting in The Agricultural Sector. The Institute of Chartered Accountants of Sotland.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2015). Exposure Draft Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (per efektif 1 Januari 2016). Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

-----. (2017). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Ghozali, I & Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

International Accounting Standard Committee. 2012. International Accounting Standard 41 Agriculture.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muchid, A. 2015. Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan – Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada UD. Mebel Novel Di Banyuwangi. Jember: Universitas Jember.

Ridwan, Abdullah. A. (2011). Perlakuan Akuntansi Aset Biologis PT Perkebunan Nusantara XIV Makassar (Persero). Makassar: Universitas Hasanuddin.

Suci, Yuli, R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Neliti.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v21i2.4370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by:

View My Stats