Penguasaan Diksi sebagai Penguatan Soft Skill Komunikasi dan Negosiasi dalam Kompetensi Auditor bagi Mahasiswa Akuntansi

Ririn Sri Kuntorini

Abstract


Abstrak. Peluang dan tantangan era revolusi industri 4.0 menjadikan mahasiswa akuntansi yang kompeten tidak cukup mengandalkan hardskill saja, setidaknya perlu area pengembangan soft skill, antara lain komunikasi efektif dan negosiasi. Lapangan kerja yang banyak diminati yaitu auditor dan akuntan bagi sarjana akuntansi mengandalkan kemampuan soft skill tersebut banyak menjadi kendala dimulai dengan banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan pada saat menulis karya ilmiah atau presentasi yang berhubungan dengan akuntansi dan audit. Keputusan Mendikbud yang salah satunya adalah menjadikan mahasiswa mampu mengungkapkan pikiran secara lisan maupun tulisan dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, menjadikan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan dan menjadi alat pemersatu bangsa. Penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami akan menjadikan pesan lebih mudah diterima karena bahasa adalah alat komunikasi. Dengan adanya penguasaan diksi yang baik dan kuat akan menjadi faktor penguatan soft skill komunikasi dan negosiasi dalam kompetensi auditor bagi mahasiswa akuntansi di lapangan kerja kelak. Peluang di dunia kerja   sebagai auditor akan mewajibkan mahasiswa mampu melakukan komunikasi yang efektif dan sebagai negosiator yang handal.

 


Full Text:

PDF

References


Dewi, Luh Gede Kusuma Dewi dan Dewi, Nyoman Ayu Wulan. 2020. Profesi Akuntansi Di Era New Normal: Apa Yang Harus Dipersiapkan? Jurnal Akuntansi Profesi Vol. 11 NO.2 DESEMBER 2020 p-ISSN:2338-6177 e-ISSN: 2686-2468.

Hernawati, Nopi, Maemunah, Mey, Kuntorini, Ririn Sri. 2019. Pengaruh Pengetahuan Laporan Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Tahu Cibuntu. KAJIAN AKUNTANSI Universitas Islam Bandung Volume 20 No. 2. September 2019.

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Kuntorini, Ririn Sri, Djajasudarma, Fatimah, Wahya. 2013. Penggunaan Flouting dalam Tayangan Humor Opera Van Java. FIB Unpad.

Kuntorini, Ririn Sri dan Pradana, Mahaputra Aditya. 2014. Penggunaan Flouting dalam Prinsip Kerja Sama sebagai Cermin Budaya Kontemporer. Jurnal Sosioteknologi Volume 13, Nomor 3.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waridah. 2016. Berkomunikasi dengan Berbahasa yang Efektif dapat Meningkatkan Kinerja. Jurnal Simbolika/Volume 2/Nomor 2/ Oktober 2016.




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v22i1.7835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614