Implementasi Penentuan Harga Pokok Dan Harga Jual Produk Pada UMKM

Sri Fadillah, Mey Maemunah, Nopi Hernawati

Abstract


Harga pokok produksi merupakan dasar dalam pengendalian dan pengambilan keputusan. Harga pokok produksi mempengaruhi harga jual suatu produk. Dua hal ini merupakan salah satu faktor yang diperlukan manajemen UMKM sebagai informasi dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini dilakukan pada UMKM mitra Baznas Jawa Barat dengan total responden sebanyak 40 UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu mitra UMKM untuk dapat melakukan perhitungan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan dengan cermat demi mendapatkan laba yang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Umumnya UMKM mengetahui apa yang dimaksud dengan biaya produksi, namun mereka belum memahami unsur-unsur perhitungan biaya produksi sehingga menyebabkan harga pokok produksi yang ditetapkan tidak sesuai dengan yang semestinya. Bisa terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Dan dari 40 UMKM, umumnya mengetahui tentang perbedaan antara perhitungan harga pokok produksi dengan harga pokok penjualan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v22i2.8209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by:

View My Stats