Huzita-Justin vs. Alperin-Lang: Solusi Persamaan Kubik Dengan Konstruksi Origami

R Respitawulan

Abstract


Abstrak. Dalam artikel ini, dilihat aplikasi origami dalam mencari solusi dari persamaan kubik. Pencarian solusi dari persamaan kubik dilakukan melalui konstruksi origami. Terdapat dua macam konstruksi origami yang telah dikenal luas: konstruksi dari Huzita-Justin dan Alperin-Lang. Dari perbandingan kedua konstruksi tersebut untuk menyelesaikan persamaan kubik, terlihat bahwa Huzita-Justin memberikan langkah yang lebih sederhana dalam pencarian solusi persamaan kubik, tetapi Alperin-Lang lebih powerful karena dapat dipergunakan untuk menyelesaikan persamaan polinom dengan derajat lebih tinggi.

Kata kunci: solusi persamaan kubik, konstruksi origami, metoda Lill


Huzita-Justin vs. Alperin-Lang: Solution of Cubic Equation using Origami Construction

Abstract. In this article, we see the application of origami to find the solution of cubic equation. There are two well-known origami constructions: Huzita-Justin’s and Alperin-Lang’s construction. Comparing both constructions to solve cubic equation, Huzita-Justin’s gives simpler steps. Although, Alperin-Lang’s is more powerful since it can be used to solve equations with higher degree.

Keywords: cubic equation solution, origami construction, Lill’s method


References


T. Hull, Project origami: activities for exploring mathematics, AK Peters/CRC Press, 2006.

E.D. Demaine and M.L. Demaine, Recent results in computational origami. Origami3: Third International Meeting of Origami Science, Mathematics and Education, 2002. pp. 3-16.

W. Higginson and L. Colgan, Algebraic thinking through origami, Mathematics Teaching in the Middle School Vol 6, no. 6, 2001. p. 343.

R. Respitawulan, N. Afrianti, & Y. Permanasari, Konstruksi Origami Sebagai Strategi Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 7(1), 2017,pp. 120-126.

R. Haryanti & M. Syukri, Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Kertas Origami. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(6), 2014.

N.T.A. Putra, I.M. Suarjana, & I.G.N. Japa, Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Origami Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Di Desa Les Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD, 2(1). 2014.

Y.G. Purbarini & R.T. Purba, Pengembangan Buku Ajar Matematika Sekolah Dasar Berbasis Keterampilan Origami. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(5), 2017.

M. Chiar & M. Nasrun, Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa-Siswi Melalui Media Gambar Kertas Origami, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 2013.

S. Ningsih, Kecerdasan Visual Spasial Siswa SMP dalam Mengkonstruksi Rumus Pythagoras dengan Pembelajaran Berbasis Origami di Kelas VIII, MATHEdunesa, 1(3), 2014.

L. Susanti & A.H. Rosyidi, Pembelajaran Berbasis Origami untuk Meningkatkan Visualisasi Spasial dan Kemampuan Geometri Siswa SMP, Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(2), 2013.

D. Wardhani, E.B. Irawan, & C. Sa’dijah, Origami terhadap Kecerdasan Spasial Matematika Siswa, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 2016. pp. 905-909.

F.H. Badruzzaman dan Y. Karyana, Penggunaan Multimedia Dalam Proses Belajar Mengajar Kalkulus II, Jurnal Matematika Universitas Islam Bandung, Vol 5 No 1, 2005. pp.67-72.

I.L. Nur'aini, E. Harahap, F.H. Badruzzaman, dan D. Darmawan. Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra, Jurnal Matematika Universitas Islam Bandung, Vol 5 No 1, 2005. pp.67-72.

T.C. Hull, Solving cubics with creases: the work of Beloch and Lill, The American Mathematical Monthly Vol 118, no. 4, 2011 pp. 307-315.

R.J. Lang, Origami and geometric constructions, Self Published (1996 2003), 1996.

R.C. Alperin and R.J. Lang, One-, two-, and multi-fold origami axioms, Origami 4, 2009. pp. 371-393.

W.H. Bixby, Real Roots of Numerical Equations of Any Degree if Containing but One Variable, West Point, New York, 1879.




DOI: https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Matematika

ISSN : 1412-5056 | E-ISSN 2598-8980  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: