Kendali Mode Luncur Pada Sistem Suspensi Aktif Dengan Simulasi MATLAB
Abstract
Sistem suspensi mobil yang terdiri hanya dari pegas dan redaman merupakan sistem pasif sebab tidak menyediakan energi aktif untuk melawan gangguan profil jalan. Untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan berkendara yang lebih baik, ditanamkan sistem suspensi aktif pada mobil. Sistem suspensi aktif dilengkapi sensor dan komponen aktuator gaya yang menyediakan energi aktif dengan skema kendali tertentu. Penelitian ini bertujuan membangun sistem suspensi aktif menggunakan kendali mode luncur (sliding mode control / SMC). Simulasi sistem kendali dilakukan menggunakan MATLAB 2014, membandingkan performa sistem pasif, sistem aktif Linear Kuadratik (LQR), dengan sistem aktif Kendali Mode Luncur (SMC). Berdasarkan hasil simulasi, sistem aktif SMC mencapai kondisi stabil lebih cepat dan menggunakan gaya aktif lebih rendah. Dengan demikian, sistem SMC memiliki performa terbaik dibandingkan dengan dua sistem yang lain. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan membangun prototype suspensi dengan sistem kendali SMC.
Kata Kunci: Sistem Suspensi Aktif, Kendali Mode Luncur, Simulasi MATLAB.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
H. P. Wang, G. I. Y. Mustafa, and Y. Tian, “Model-free fractional-order sliding mode control for an active vehicle suspension system,” Adv. Eng. Softw., vol. 115, pp. 452–461, Jan. 2018,
doi: 10.1016/j.advengsoft.2017.11.001.
M. I. Alfian and U. Wasiwitono, “Analisis Pengaruh Perubahan Geometri Suspensi terhadap Dinamika Getaran Sepeda Motor,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, pp. E12–E16, Mar. 2018,
doi: 10.12962/j23373539.v7i1.29898.
H. K. Khalil, Nonlinear Systems. Prentice Hall, 2002.
Katsuhiko Ogata, Modern Control Engineering, 5th ed. Prentice Hall, 2009.
V. I. Utkin, Sliding Modes in Control and Optimization (Communications and Control Engineering), 1st ed. Heidelberg: Springer-Verlag, 1992.
C. Edwards and S. Spurgeon, Sliding mode control: theory and applications. Florida, USA: Taylor & Francis Group, 1998.
V. Utkin, J. Guldner, and M. Shijun, “Sliding mode control in electro-mechanical systems,” CRC Press, vol. 34, 1999.
S. A. Chen, J. C. Wang, M. Yao, and Y. B. Kim, “Improved optimal sliding mode control for a non-linear vehicle active suspension system,” J. Sound Vib., vol. 395, pp. 1–25, May 2017, doi: 10.1016/j.jsv.2017.02.017.
B. Lin, X. Su, and X. Li, “Fuzzy Sliding Mode Control for Active Suspension System with Proportional Differential Sliding Mode Observer,” Asian J. Control, vol. 21, no. 1, pp. 264–276, Jan. 2019, doi: 10.1002/asjc.1882.
DOI: https://doi.org/10.29313/jmtm.v19i1.6312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Matematika
ISSN : 1412-5056 | E-ISSN 2598-8980
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by: