Polemik Dasar Negara Islam Antara Soekarno dan Mohammad Natsir

Rusli Kustiaman Iskandar

Abstract


Soekarno dan Natsir adalah dua tokoh yang mempunyai pandangan yang berbeda tentang hubungan antara Islam dan negara. Soekarno sebagai seorang ideolog dan pemikir politik yang pemikirannya banyak mempengaruhi dasar-dasar nasionalisme dewasa ini berpandangan bahwa agama harus dipisahkan dari urusan negara. Sementara Natsir sebagai seorang ideolog reformis muslim dan arsitek negara Islam yang moderat berpandangan bahwa agama Islam sebagai agama peradaban yang membimbing manusia memasuki alam modern harus disatukan dengan negara. Namun dari polemik yang terjadi antara kedua tokoh ini terdapat kesamaan keyakinan diantara mereka dalam hal demokrasi. Natsir menyatakan bahwa Islam adalah ajaran yang paling demokratis. Tidak ada satu pun agama yang menghendaki kesamarataan lebih dari Islam. Soekarno juga berkeyakinan bahwa umat Islam dapat memperjuangkan aspirasinya secara optimal dalam suatu negara yang demokratis.

Keywords


Sekuler; Islam; Demokrasi, soekarno. natsir

Full Text:

PDF

References


Anshari. Endang Saefuddin. 1997. Piagam Jakarta 22 Juni 1945. Jakarta Gema Insani Press.

Abdullah, Taufiq dan S. Siddique (eds.). 1986. Islam and Society In Southeast Asia. Singapore. Institute of Southeast Asia Studies.

Bahar, Saafroedin, Ananda B. Kusuma, Nannie Hudawati, (Peny.), 1995. Risalah Sidang-sidang BPUPKI-PPKI 28 Mei 1945 - 22 Agustus 1945, Sekretariat Negara RI, Jakarta,.

Dahm, Bernhard. 1987. Soekarno dan Perjuangan Kemerdekaan. Jakarta. LP3ES.

Ensikolpedi Indonesia, 1986. Jilid 3 dan Jilid 5. Jakarta. Ichtian Baru - Van Hoeve.

Federsfield, Howard. 1970. Persatuan Islam : Islamic Reform in Twentith Century Indonesia. Ithaca. Cornell University Press, ,.

Feith, Herbert dan Lance Castle (Eds.). 1970. Indonesian Political Thinking 1945-1965. London Cornell. University Press.

Kahin, Ge`orge McTurnan, “Mohammad Natsir” dalam Yusuf abdullah Puar (ed.). 1978. Muhammad Natsir 70 Tahun : Kenang-kenangan dan Perjuangan, Jakarta. Pustaka, Antara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1990. Depdikbur RI, Jakarta. Balai Pustaka.

Lege, John D., 1985. Soekarno Sebuah Biografi Politik, Jakarta. Sinar Harapan.

Maarif, Ahmad Syafii, 1985. Islam dan Masalah Kenegaraan. Jakarta. LPES.

Sadzali, Munawir 1990. Islam dan Tata Negara, ajaran, sejarah, dan pemikiran, Jakarta. UI Press.

Soewardi, Herman, 1999. Roda Berputar Dunia Bergulir Kognisi Baru Tentang Timbul-Tenggelamnya Sivilisasi, Bandung. Bakti Mandiri.

Soewardi, Herman,. 1999. Soekarno Versus Natsir Kemenangan Barisan Megawati Reinkarnasi Nasionalis Sekuler. Jakarta. Darul Falah,

Soekarno, 1963. Dibawah Bendera Revolusi, Jilid Pertama, Panitya Penerbit Dibawah Bendera Revolusi,.

Soekarno, 1965. Tuhan Hanya Esa, Itulah Keyakinanku, Jakarta. Departemen Agama.

Suhelmi, Ahmad. 2002. Polemik Negara Islam. Jakarta. Teraju.

Yamin, Moh.. 1971. Naskah Persiapan UUD 1945. Jakarta. Siguntang.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v19i2.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License