Upaya Memelihara Akhlaq Suami-Isteri: Perspektif Komunikasi Antarpersona

Maman Suherman

Abstract


Membangun dan membina akhlak mulia berawal dari keluarga. Pembangunan dan pemeliharaan akhlak tadi berpondasi pada hubungan suami istri. Frekuensi kualitas, dan intensitas berkomunikasi antara suami-istri dapat membuka cakrawala yang lebih luas tentang siapa sebenarnya pasangan hidupnya. Suami atau istri haruslah tetap saling mengingatkan pasangan hidupnya agar rumah tangga tetap berjalan pada rel yang benar. Dengan saling terbuka, jujur akan terpupuk sikap saling percaya dan mengenal lebih jauh pasangannya. Proses komunikasi antar persona antara suami istri dalam suasana dan waktu yang tepat dapat menumbuhkan perasaan aman bagi mereka. Kominiasi antara suami istri bukanlah sebuah ungkapan kata-kata hanya untuk basa-basi komunikasi yang terjadi juga hendaknya menumbuhkan rasa sayang, perhatian yang mendalam dari kedua pihak sehingga mereka merasa aman dan menyenangi sebuah pertemuan atau komunikasi.
Mulailah perbincangan dengan hati yang lembut penuh kasih sayang, tunjukkan sikap empati dan simpati kepada pasangan hidup.

Keywords


Akhlak; Komunikasi; Perhatian

Full Text:

PDF

References


Akbar, Ali. 1992. Merawat Cinta Kasih. Pustaka Antara, Jakarta.

Devito, Joseph A. 1989. The Interpersonal Communication Book. Harper and Row Publisher, New York.

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Effendi, M.Rahmat dan Abdullah Yusuf. 2002. Akhlaq Islam. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Liliweri, Alo. 1994. Perspektif Teoritis Komunikasi Antarpribadi: Suatu Pendekatan ke Arah Psikologi Sosial komunikasi. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Liliweri, Alo. , 1997. Komunikasi Antarpribadi. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Nasir bin Sulaiman Al’umr. 1991. Sensi-Sendi Kebahagiaan Suami - Istri. Pustaka Al Kautsar, Jakarta.

Rakhmat, Jalaluddin. 1985. Psikologi Komunikasi. Remaja Karya, Bandung.

Syilbiy, Rauf. 1989. Selamatkan Anak dan Istrimu dari Godaan Syetan. Gema Risalah Press, Bandung.

Tubbs, Stewart dan Sylvia Moss, 1996. Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi (Human Communication). Terj. Deddy Mulyana dan Gembisari. 1996. Buku Kedua, Remaja Rosdakarya, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v19i3.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License