Sosok Pendidikan Matematika Menyongsong Masyarakat dalam Era Globalisasi

Yani Ramdani

Abstract


Era gobalisasi sekarang ini disatu sisi memungkinkan kita untuk memperoleh banyak informasi dengan cepat dan mudah dari berbagai tempat di dunia, di sisi lain kita tidak mungkin untuk mempelajari keseluruhan informasi dan pengetahuan yang ada, karena sangat banyak dan tidak semuanya diperlukan. Oleh karena itu, diperlukan suatu kemampuan untuk menyaringnya.  Untuk menghadapi tantangan di atas, diperlukan manusia yang handal dan mampu berkompetisi secara global, sehingga diperlukan keterampilan yang tinggi yang melibatkan pemikiran kritis, sistematis, logis, analitis, kreatif dan berkemauan tinggi.  Menjadikan matematika sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang adalah hal yang penting. Hal ini didasarkan pada (1) ilmu matematika merupakan hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran; (2) matematika dapat melatih dan mengembangkan cara berfikir kritis, sistematis, logis, analitis, kreatif dan berkemauan tinggi.  Berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian penulis terhadap beberapa literatur, diperoleh kesimpulan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa belajar matematika seperti: faktor dari dalam siswa, faktor luar (guru dan kondisi masyarakat). Keberadaan guru ikut menentukan berhasil tidaknya siswa belajar. Oleh karena itu kemampuan dan kompetensi guru sangat diperlukan. Selain itu, kurikulum sebagai arah pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sekolah, dan masyarakat. 

Keywords


Globalisasi; Pendidikan; Matematika; Keberhasilan

Full Text:

PDF

References


Arends, R. 1997. Classroom Intruction and Management. New York: Mc Grow-Hill Companics Inc.

Ausubel, DP. 1968. Educational Psycology A Cognitive View. New York: Holt, Rinerhert and Winston.

Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Garis-garis Besar Program Pengajaran Mata Pelajaran Matematika SMU. Jakarta: Depdikbud.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2001. Kebijaksanaan Umum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Ernest; Goetz; Patricia, A; Alexander; Michael, J. A. 1992. Education Psychology A Classroom Perspective. Sydney: New York Oxford.

Gagne; Robert, M; Briggs; Leslie, J. 1979. Principles of Intructional Design. New York: Holt Rinerhert and Winston.

Hudoyo, H. 2002. Peta Konsep. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Hudoyo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Irianto, B. 2002. “Kebijaksanaan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Sains”. Bandung : Makalah pada Seminar dalam Rangka Milad Universitas Islam Bandung ke 44.

Kutz, R. E. 1991. Annoted Instructor’s Edition, Teahing Elementary Mathematics. Philadelphia: W.B. Sounders Company.

Mohammad, S. 1995. Bimbingan Islam untuk Pribadi dan Msyarakat. Jakarta: Yayasan Al-Sofwa.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muthardo dan Tambunan. 1985. Pengajaran Matematika. Jakarta: Karunika Jakarta.

Nasution, S. 1984. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Novak, J. D & Gowin, G. B. 1985. Learning How To Learn. London New York new.

Rochelle Melbourne Sydney: Cambridge University Press.

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.

Ruseffendi, E. T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruspiani. 2000. Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Soejadi, R. 1993. Simplikasi Beberapa Konsep dalam Matematika untuk Matematika Sekolah serta Dampaknya. (Suatu analisis komparatif). Surabaya: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sriati, A. 1994. Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas: Pengkajian Diagnostik. Jurnal Kependidikan: No. 2 Tahun XXIV.

Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Indonesia Universitas Pendidikan.

Utari-Sumarmo 2002. Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Makalah pada Pelatihan Guru MTs.

Wahyudin. 1999. Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Bandung: Disertasi pada Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v19i3.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License