Sistem Alokasi Pemanfaatan Air dari Sungai dengan Cara Kesetimbangan Air di dalam Sistem Sungai

Dedi Tjahyadi Abdullah

Abstract


Dengan adanya otonomi daerah termasuk otonomi pengelolaan air di sub DAS masing-masing kabupaten maka sangat diperlukan aturan penglolalan secara terpadu antar Kabupaten ataupun antar Propinsi. Aturan yang terpadu yang harus dirancang bersama ialah pengelolaan DAS dengan aturan konservasi-nya dan rehabilitasi lahan, aturan pembagian pemakaian air secara terpadu dan adil pada masing-masing wilayah Kabupaten, serta aturan penanganan masalah sungai pada wilayahnya masing-masing. Aturan tersebut dicoba diurai didalam makalah ini walaupun tidak semuanya masuk dalam tulisan ini. Makalah ini menerangkan cara pembagian air secara terpadu, yang selalu melihat ke udik yang sudah diambil oleh pemakai di bagian udik dan melihat ke hilir yang akan dimanfaatkan oleh para pemakai yang sudah ada di hilir dan limpasan ke hilir untuk maintenance flow (untuk biota air), perhitungan pembagian air dalam makalah ini menuju pada usaha seadil mungkin, secara teknis yang berwawasan hidrologis. Pengaturan penelolaan DAS perlu penanganan bersama dan biaya dimana biaya tersebut bisa diambil dari manfaat air dan lahan di daerah DAS tersebut dengan tidak melupakan unsur sosial  bagi para pemakai air tertentu.
Sedikit kesimpulan dalam rangka memecahkan masalah pembagian air yaitu dengan membentuk Badan yang bertugas untuk memikirkan dan membagi air secara adil dan tidak melupakan bahwa air sebagai unsur sosial .

Keywords


Debit Andalan; Alokasi Air; Sistem Sungai

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Dedi Tjahyadi. 2003. Perhitungan Ketersediaan Air Di Sungai Dengan Teori Kesetimbangan Air. Catatan kulah PSDA Sipil ITB.

Abdullah, Dedi Tjahyadi 2003.Sistem Alokasi Pemanfaatan Air di Sungai. Catatan kuliah PSDA Sipil ITB

Abdullah, Dedi Tjahyadi Konservasi air dan pengendalian sediman Catatan kulah PSDA Sipil ITB

Introduction To Hydrology 1996. (fourth edition) Warren viessman. Jr Applied hydrology K N Mutreja.

The Price`System And Resource Allocation (7th edition) Richard H. Leftwich

Water Laws In Moslem Countries. Irigation And Drainage paper 20/1 FAO




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i1.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License