Isyarat Kekekalan Massa

Elfida Moralista

Abstract


Bahwa metoda sains mencoba dengan cermat menerangkan realitas alam semesta telah kita ketahui. Dunia fisika dan kimia mencoba menjelaskan perubahan fisika dan kimia materi sepangjang masa.
Perubahan fisik tidak menghasilkan zat baru, tanpa terjadinya perubahan massa zat. Sebelum atau sesudah reaksi kimia. Materi dapat berbentuk unsur dan senyawa. Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa adalah tetap. Demikian pula halnya dengan keteraturan suatu reaksi kimia, ukuran massa dan besaran kimia lain dari suatu unsur adalah sesuai dengan Sunatullah. Tatanama diberikan untuk membedakan jenis-jenis senyawa kimia.  Kelompok unsur-unsur dalam sistem periodik unsur adalah sesuai dengan keteraturan sifat-sifat unsur. Tidak satupun dari unsur-unsur tersebut keberadaannya berlebihan ataupun tidak bertujuan. Jelaslah bahwa setiap kajian sains fisika dan kimia alam semesta adalah sesuai demi yang diperlukan bagi kehidupan manusia. Di dalam segala sifat materi yang dikaji, akan tampak pengetahuan mengenai keberaturan keharmonisan, kebijakan serta kekuatan yang tidak terbatas dari Sang Pencipta, Allah SWT.

Keywords


Al-Qur’an; Kekekalan Massa

Full Text:

PDF

References


A., Underwood. 1980. Quatitative Analysis. 4th. Edition, Prentice Hall Inc.

Vogel. 1979. Qualitative Inorganic Analysis. 5th. Ed. London. Logeman Group.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i1.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License