Aspek-Aspek Keunggulan Bersaing Perguruan Tinggi

Muhardi Muhardi

Abstract


Tulisan ini menguraikan tentang berbagai faktor kekuatan persaingan yang dapat mempengaruhi keunggulan bersaing industri pendidikan atau perguruan tinggi, dan aspek-aspek utama keunggulan bersaing suatu perguruan tinggi. Faktor-faktor kekuatan persaingan tersebut dapat meliputi antara lain: adanya kekuatan pendatang baru, kekuatan dari pengguna jasa pendidikan, adanya produk substitusi, kekuatan pemasok, dan persaingan antar perguruan tinggi yang sudah ada. Sedangkan keunggulan suatu perguruan tinggi yang dimaksudkan yaitu dapat dibentuk melalui tiga aspek utama keunggulan bersaing, yaitu: keunggulan biaya menyeluruh atau efisiensi biaya, keunggulan diferensiasi, dan keunggulan fokus. Keunggulan fokus selanjutnya dapat di bagi ke dalam fokus biaya dan fokus diferensiasi. Suatu perguruan tinggi yang mempunyai keunggulan bersaing dengan menekankan pada satu aspek atau sub aspek keunggulan, belum tentu aspek tersebut menjadi suatu keunggulan pada perguruan tinggi lainnya. Karena itu, aspek keunggulan yang mana yang paling baik untuk diimplementasikan suatu perguruan tinggi tertentu, akan sangat tergantung pada pertimbangan terbaik dari pihak-pihak yang terlibat dan berkepentingan dengan suatu perguruan tinggi itu sendiri, yang tentunya disesuaikan pula dengan berbagai faktor lingkungan persaingannya.

Keywords


Perguruan Tinggi; Lingkungan Persaingan; Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Aeker, David A. 1992. Strategic Market Management. Third Edition. Singapore: John Wiley & Sons, Inc.

Best, Roger J. 1997. Market-Based Management: Strategies for Growing Customer Value and Profitability. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Bradley, Frank. 1995. Marketing Management: Providing, Communicating and Delivering Value. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.

Keim, William A. and Marybelle C. Keim (Ed). 1981. Marketing the Program: New Directions for Community Colleges series. California: Jossey-Bass Inc.

Kotler,Philip dan Karen F. A. Fox. 1995. Strategic Marketing for Educational Institutions. Second Edition: Ney Jersey : Prentice-Hall, Inc.

Lamb, Charles W, Jr, Joseph F. Hair, Jr. and Carl McDaniel. 2001. Marketing. Penerjemah: David Octarevia. Pemasaran. Buku Satu. Edisi Pertama. Jakarta : PT. Salemba Emban Patria.

Porter, Michael E. 1998. Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York : Free Press.

Wright, Peter, Mark J. Kroll, and John Parnell. 1996. Strategic Management: Concepts and Cases. Third Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Zaki Baridwan. 1999. Kurikulum. Makalah dalam Seminar Nasional, Manajemen Pendidikan Tinggi dan Universitas di Indonesia dalam Era Otonomi dan Globalisasi. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i2.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License