Etika dan Estetika Promosi Pada Aktivitas ‘PR’ Perguruan Tinggi Swasta

Neni Yulianita

Abstract


Persaingan antar PTS saat ini semakin tinggi dan sangat ketat, sehingga pihak PTS akan memutar otak untuk melakukan berbagai upaya promosi dalam upaya menarik minat calon mahasiswanya. Promosi sebagai salah satu bentuk pemasaran telah menuntut para pelaku pasar pada PTS untuk dapat menghadapi sejumlah tantangan pada era yang penuh persaingan, tidak hanya pada aspek menawarkan, mendistribusikan, dan mengembangkan produk, tetapi juga pihak PTS perlu memahami, mendalami, menerapkan, serta dapat mengembangkan strategi promosi dengan mengindahkan etika dan estetika promosi. Hal terpenting dari peran PR officer dalam melakukan aktivitas promosi bagi PTS-nya. Intinya promosi PR memiliki tujuan untuk membina hubungan yang saling menguntungkan, bahkan lebih jauh publik mau menerima dan mengakui eksistensi produk PTS. Dalam upaya membina hubungan dengan publik, PR Officer PTS dapat merencanakan dan merancang aktivitas dari berbagai bentuk promosi dengan cara memilih dan menyewa ruang publik yang dapat dimanfaatkan untuk menginformasikan dan mempersuasi publik sasaran, agar mereka memahami, mempercayai, menerima, mendukung, dan pada akhirnya mau memilih dan mendaftarkan diri pada PTS tertentu.

Keywords


Etika; Estetika; Strategi Promosi, Public Relations

Full Text:

PDF

References


Bertens, K. 1997, Etika, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Bertens, K. 2000, Pengantar Etika Bisnis, Pustaka Filsafat, Yogyakarta: Kanisius.

Keraf, A. Sonny. 1993, Etika Bisnis Membangun Citra Bisnis Sebagai Profesi Luhur, Yogyakarta: Kanisius.

Koehn, Daryl. 2000, Landasan Etika Profesi, Pustaka Filsafat, Yogyakarta: Kanisius.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran; marketing management 9e analisis, perencanaan, implementasi, dan kontrol. Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.

Magnis, Frans dan Suseno. 1995, Etika Dasar, masalah-masalah pokok etika moral, Pustaka Filsafat, Yogyakarta: Kanisius.

Magnis, Frans dan Suseno. dkk. 1993. Etika Sosial, Buku Panduan Mahasiswa PB I – PB VI, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Robinson, Dave dan Chris Garrat, Diedit Richard Appignanesi, 1998, Etika For Begginers. Bandung : Mizan.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Utomo, Y. Priyo (Editor). 1992. Masyarakat. Jurnal Sosiologi. Cet I. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widagdho, Djoko. dkk. 1999. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Winardi. 1992. Promosi dan Reklame. Bandung : Mandar Maju.

Wursanto. 1995, Etika Komunikasi Kantor. Yogyakarta : Kanisius,.

Yulianita, Neni. 2001. Komunikasi Pemasaran. Program Pascasarjana Universitas Dr. Sutomo, Surabaya




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i2.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License