Mencermati Problem Pendidikan Indonesia Untuk Memperbaiki Kualitas Pendidikan (Suatu Upaya Meningkatkan SDM Bangsa)

Erhamwilda Erhamwilda

Abstract


Mencermati kenyataan pendidikan yang ada sekarang, masih terlalu banyak masalah menimbulkan keprihatinan, kekecewaan, dan kegagalan. Apa yang salah dalam pelaksanaan pendidikan;apakah tataran konsep yang kehilangan jati dirinya, atau tataran aplikasi ? Secara spesifik tujuan penulisan ini adalah untuk menjawab : (1) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan munculnya masalah dalam pelaksanaan pendidikan, (2) Upaya apa yang dapat dilakukan dalam peningkatan mutu pendidikan Indonesia masa depan. Beberapa problema pokok yang turut mempengaruhi mutu pendidikan antara lain : (a) berbagai ketidakjujuran dalam pendidikan (b) Belum sejalannya kebijakan dengan pelaksanaan, (c) Pelaku pendidikan sebagiannya telah kehilangan idealisme, (d) Pendidikan akhlak dan moral belum mendapatkan perhatian serius.

Keywords


Problem; Pendidikan; Kualitas; Bangsa

Full Text:

PDF

References


Arifin, H.M. 2000. Filsafat Pendidikan Islam. (cet.6). Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Danim, Sudarwan. 2003. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dryden, Gordon & Jeanette Vos. 2001. The Learning Revolution. (terjemahan). Bandung : Kaifa.

Ghazali, Adeng Muchtar. 2003. “Buah Simalakama Sistem Pendidikan Tinggi”. Pikiran Rakyat. Sabtu 5 April 2003. hal 20.

Hardiono, Didik. 2003. “Gagalnya Sistem Pendidikan Nasional”. Pikiran Rakyat. Jum’at 2 Mei 2003. hal 18.

Hermawan, Iwan. 2003. “Guru, Antara Kebutuhan Hidup dan Profesionalisme”. Pikiran Rakyat. Jum’at 2 Mei 2003 hal. 18.

Ilyas, Yanuar. 2004. “Pendidikan Anatara Idealisme dan Realitas Masyarakat”. http://www.muhammadiyah-online.or.id/mtavo/01.

Jalal, Fasli. 2002. “Pentingnya Pendidikan Anak Dini Usia Dalam Membangun Masa Depan Bangsa yang Berkualitas”. Makalah. tidak diterbitkan.

Madjid, Nurcholish. 2001. Pendidikan Langkah Strategis Mempersiapkan SDM Berkualitas Menuju Masyarakat Belajar (Pengantar). Cet.1. Jakarta : Radar Jaya Offset.

Mastuhu. 1997. Menuju Paradigma baru pendidikan Indonesia. Keluar Dari Kemelut Pendidikan Nasional. (Editor M. Dawam Rahardjo). Jakarta : PT. Internusa

Pikiran rakyat 2004. Pendidikan vs Kapitalisme. http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/0904.

Rachman, Arief. 2004. “Sekolah Unggulan, Sekolah Masa Depan”. Makalah disampaikan dalam seminar tentang Sekolah Masa Depan di MtsT. Asih Putra Cimahi (tidak diterbitkan).

Sidi, Indra Djati. 2001. Menuju Masyarakat Belajar (Menggagas Paradigma Baru Pendidikan). Jakarta : Paramadina.

Simbolon, Tony. 2001. Reformasi Pendidikan Dalam Perspektif Sekolah. http://www.depdiknas.go.id/publikasi/buletin/Pppg-Tertulis.

Zohar, danah & Ian Marshall. 2000. SQ (Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan), Bandung : Mizan.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License