Model Bagi Hasil Pembiayaan Usaha Syariah, Solusi Mengatasi Kekurangan Sumber Daya

Yan Orgianus

Abstract


Sistem pembiayaan usaha model bagi hasil syariah ternyata cukup efektif untuk membantu organisasi terbebas dari hutang. Dalam makalah ini ditawarkan suatu model bagi hasil syariah dengan proporsi modal dan resiko yang khusus dan lebih objektif. Sistem ini bila dipakai untuk membangun ekonomi suatu negara akan segera memeroleh kemakmuran. Meski sumber daya melimpah dan model yang baik tersedia, namun bila tidak didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang baik yang sesuai dengan syariah maka sumber dan model tersebut akan tidak banyak berarti.

Keywords


Model Bagi Hasil; Pembiayaan Usaha Syariah

Full Text:

PDF

References


Antonio MS. 1999. Bank Syariah Bagi Bankir & Praktisi Keuangan. Jakarta : Bank Indonesia dan Tazkia Institute.

Krugman P. 2000. The Return of Depression Economics. Leicester, UK.

Saaty T L. 1988. Decision Making for Leaders: The Analitical Hierarchy Process for Decision in a Complex World. RWS Publication. Pittsburgh.

Siddiqi MN. 1987. Partnership and Profit -Sharing in Islamic Law, 223 London road, Leicester. United Kingdom,The Islamic Foundation.

Orgianus Y. 2004. “Rekayasa Model Bagi Hasil dan Bagi Resiko Usaha Kecil Menengah Agroindustri dengan Pola Syariah”

[disertasi], Bogor, Institut Pertanian Bogor : Fakultas Teknologi

Pertanian. Program Studi Teknologi Industri Pertanian.

Orgianus Y., 2004. “Ekonomi Syariah” makalah. Bandung : Seminar intern, Fakultas Teknik Unisba.

Orgianus Y., 2004. “Model Bagi Hasil dan Bagi Resiko Usaha Pola Syariah” makalah. Bandung : Seminar intern, Fakultas Teknik Unisba.

Orgianus Y., 2004. “Rekayasa Model Bagi Hasil dan Bagi Resiko Usaha Pola Syariah” makalah. Bandung : Seminar LPI, Masjid Salman ITB.

Orgianus Y., 2004. “Model Bagi Hasil Pembiayaan Usaha Pola Syariah Sebagai Kebijakan Pembangunan Ekonomi”, Makalah Seminar Nasional Perbankan Syariah, Himpunan Mahasiswa Mu’amalat, Fakultas Syariah IAIN Sunan Gunung Jati, Bandung.

Orgianus Y., 2004. “Model Bagi Hasil dan Bagi Resiko Usaha Pola Syariah” makalah, Seminar intern, Fakultas Teknik Unisba dan Masjid Salman ITB, Bandung.

Orgianus Y., 2004. „Rekayasa Model Bagi Hasil Dan Bagi Resiko Usaha: Menuju Bank Syariah Yang Kredibel Dan Akuntabel“ makalah, Seminar Nasional Perbankan Syariah, Himpunan Mahasiswa Akuntasi PAAP, Fakultas Ekonomi Unpad, Bandung.

Walpole R.E. dan Myers R.H. 1986. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. RK Sembiring, penerjemah. Penerbit ITB. Bandung. Terjemahan dari: Probability and Statistics for Engineers and Scientists. Second edition. Mcmillan Publishing Co., Inc.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i1.168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License