Studi Kemampuan Masyarakat dalam Pengembangan Ekonomi Lokal Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan (Studi Kasus Desa Tegalurung Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang)

Imam Indratno, Ina Helena Agustina

Abstract


Permasalahan kemiskinan telah banyak menjadi topik dalam penelitian. Pengembangan ekonomi lokal menjadi salah satu langkah dalam pengentasan kemiskinan. Kesenjangan antara kondisi kemiskinan dan potensi sumberdaya lokal menjadi dasar pentingnya pengukuran kemampuan masyarakat dalam pengembangan ekonomi lokal di Desa Tegalurung. Untuk mengukur kemampuan digunakan tiga kriteria yaitu kemampuan dalam berproduksi, kemampuan membentuk modal, dan kemampuan dalam meningkatkan sumberdaya manusia. Pertama, kemampuan masyarakat dalam berproduksi mencapai tahap pengembangan produksi dan diversifikasi hasil potensi ekonomi lokal, yaitu masyarakat mulai berinovasi untuk mengembangkan produksi dan meningkatkan pendapatan. Kedua, kemampuan masyarakat dalam membentuk modal sejauh ini sudah mencapai pada tahap partisipatif dimana masyarakat  mulai mengedepankan pada kemandirian masyarakat dalam memecahkan masalah-masalah yang menjadi urusannya, terutama dalam pembentukan modal. Investor mulai menyalurkan tabungan untuk tujuan investasi dalam barang-barang modal pada masyarakat. Ketiga, kemampuan masyarakat dalam meningkatkan sumber daya manusia sudah mencapai pada tahap pemberdayaan dan pengembangan yaitu masyarakat mulai meningkatkan kemampuan dan kemandirian dalam meningkatkan taraf hidupnya melalui pelatihan dan penyuluhan. Dari ketiga kriteria tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat Desa Tegalurung mampu mengembangkan ekonomi lokal. Dengan dukungan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang yang lebih serius diharapkan masyarakat dapat keluar dari permasalahan kemiskinan.

Keywords


Kemiskinan; Pengembangan Ekonomi Lokal

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Subang. 2001. Kabupaten Subang Dalam Angka. Subang

BPS Kabupaten Subang. 2001. Monografi Kecamatan Legon Kulon. Subang

Chambers, Robert. 1996. PRA (Partici[atory Rural Appraisal). Memahami Desa Secara Partisipatif. Yogyakarta : Kanisius.

Winardi, Dr, SE. Pengantar Ekonomi Pembangunan. BPIE UGM.

Aris Ananta. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi UI.

Jayadinata, Johara, T, Dra, MSc. 1988. Pembangunan Desa Dalam Perencanaan. Bandung : Penerbit ITB.

Koentjaraningrat. 1989. Metode-Metode penelitian Masyarakat. PT Jakarta : Gramedia.

Nazir, M,Ph.D.1983. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Mudrajad Kuncoro, 1997. Ekonomi Pembangunan. BPIE UGM.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i3.185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License