Membangun Link And Match Pendidikan Indonesia

Asnita Frida Sebayang

Abstract


Pembangunan Gedung Sekolah di negara-negara yang belum berkembang masih merupakan program utama pemerintah. Pendidikan adalah unsur penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai masukan (input) di dalam suatu proses produksi. Tujuan untuk meningkatkan kualitas SDM adalah produktivitas, yang dapat mendorong pertmbuhan ekonomi secara signifikan. Pada kenyataannya di Indonesia, perkembangan pendidikan masih menghadapi banyak masalah, seperti perkembangan sistem pendidikan yang menyerap tenaga kerja dalam masyarakat. Keterkaitan antara jumlah tenaga kerja dan pengguna tenaga kerja masih belum terbentuk dengan baik. Buruknya struktur perkembangan “human kapital” akan mempengaruhi sisi lain dari ekonomi (misalnya : gaji). Hal ini diperburuk dengan adanya ketidakmerataan perkembangan pendidikan. Perkembangan pendidikan harus mencakup aspek kualitatif dan kuantitatif sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran intelektual. Pendidikan yang baik harus menciptakan pendapatan yang baik dan memberikan peluang pekerjaan, atau menciptakan lapangan kerja sendiri. Hal ini akan memberikan dampak positif untuk masyarakat dan juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Keywords


Pendidikan; Perkembangan; Keterkaitan; Pertumbuhan

Full Text:

PDF

References


Deon, Filmer. 2004.”If you Build It, Will They Come? School Availability and School Enrollment in 21 Poor Countries”, World Bank Policy Research Working Paper 3340. The World Bank.

Gerald, Meier M. 2000. Leading Issues in Economic Development. Seventh Edition, Oxford University Press.Inc.

Harry, Patrinos Anthony and Chris Sakllariou, 2004. “Schooling and Labor Market Impacts of a Natural Policy Experiment”, World Bank Policy Research Working Paper XXXX, The World Bank.

Michael, Todaro P. and Stephen C. Smith. 2004. Economic Development. Eight Edition.

P, Duraisamy. et.al. 1997. “Is There a Quantity-Quality Tradeoff as Enrollments Increase? Evidence from Tamil Nadu, India”, Policy Research Working Paper 1768, World Bank.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i4.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License