Ekspektasi Mahasiswa Unisba Terhadap Kuliah Pendidikan Agama Islam Perspektif Psikologi Eksistensial

Ayi Sobarna

Abstract


Salah satu diskursus dalam ilmu-ilmu sosial yang populer belakangan ini adalah pergeseran paradigma (shifting paradigm). Di dunia pendidikan, pergeseran terjadi dari pola pendidikan yang terpusat pada guru/dosen (teacher centered pattern) ke arah pola pendidikan yang terpusat pada siswa (pupil centered pattern). Ide mendasarnya adalah pengembangan kreativitas dan aktualisasi diri para siswa. Akan tetapi, pendidikan di Indonesia disinyalir belum mampu mengembangkan kreativitas dan aktualisasi diri para siswa. Secara sosial, hubungan antara siswa dan guru berpola vertical dan komunikasi berlangsung secara top-down. Padahal, salah satu tugas guru adalah menyadari bahwa siswa sebagai individu harus dihargai dan bahwa mereka memiliki sejumlah hak yang harus dilindungi, termasuk di dalamnya harapan (expectation). Inilah yang menjadi latar belakang mengapa penggalian ekspektasi mahasiswa Unisba terhadap perkuliahan Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi tampak sangat penting. Penulis menemukan bahwa ekspektasi mahasiswa Unisba terhadap kuliah PAI merepresentasikan harapan manusia modern terhadap agama. Mereka berharap, kuliah PAI memberikan guide untuk menunjukkan jalan yang lurus dari jalan yang sesat. Munculnya ekspektasi-ekspektasi tersebut menunjukkan bahwa pandangan mereka terhadap agama sangat efektif. Inilah yang membedakan situasi zaman sekarang ini dengan situasi di Eropa Barat pada saat Eksistensialisme lahir.

Keywords


Ekspektasi; Psikologi Eksistensial; Kesadaran Diri; Keinginan pada Makna

Full Text:

PDF

References


A, Tabrani Rusyan. dkk. 1989. Pendekatan dalam proses Belajar Mengajar. Bandung : Remadja Karya.

Buchori, Mochtar, dkk.. 1999. Pendidikan dalam Perspektif Al-Quran, Yogyakarta : LPPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta..

Buletin Ilmiah. 1996. Universitas Tarumanagara, Jakarta, Th. 10 No. 35, Oktober..

Dachlan, MD. dkk. 1985. Hadits Qudsi: Firman Allah yang tidak Tercantum dalam Al-Quran. Semarang : Diponegoro.

Departemen Agama RI. 2000. Islam untuk Disiplin Ilmu Pendidikan: Buku Daras Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tingi Umum, Departemen Agama RI.

Jurnal Ilmu Pendidikan Islam. 2002. Kajian tentang Konsep, Problem dan Prospek pendidikan Islam, Vol. 3 No. 2.Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga.

Koeswara, E. 1987. Psikologi Eksistensial : Suatu pengantar. Bandung : PT. Armico.

Madjid, Nurcholish. 1992. Islam: Doktrin dan Peradaban. Jakarta : Paramadina.

Madjid, Nurcholish. 1996. Islam Agama Kemanusiaan. Jakarta : Paramadina.

Ramayulis, 1990. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Rakhmat, Jalaluddin. 1988. Islam Alternatif: Ceramah-ceramah di Kampus, Bandung : Mizan.

Rais, M. Amien. 1992. Cakrawala Islam: Antara Cita dan Fakta. Bandung : Mizan.

Suryabrata, Sumadi. 1994. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persa.

Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta : Logos.

Uwes, Sanusi. 1999. Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Jakarta : Logos.

Yuliani, Liputo (Koordinator Tim Penulis). 1995. Kamus Filsafat. Bandung : Rosda Karya.

Zaini, Syahminan. 1986. Prinsip-prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam. Kalam Mulia.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i4.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License