Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika

Yani Ramdani

Abstract


Kepopuleran istilah matematika dalam masyarakat Indonesia ternyata tidak sejalan dengan pemahaman masyarakat terhadap pengertian matematika, hakekat matematika, ruang lingkup matematika, kaidah-kaidah matematika, serta peranannya dalam ilmu pengetahuan. Matematika merupakan  ilmu deduktif, ilmu terstruktur, dan ratu serta pelayan ilmu. Adapun hakekat utama matematika adalah metode dalam penalaran (reasoning), bahasa yang sangat simbolis. Hakekat lain dari matematika dapat didekati dari metode pembuktiannya, bidang yang ditelaahnya, dan bahasa yang dipakainya. Dalam matematika kaidah itu adalah, pengertian dasar yang jelas, anggapan-anggapan yang diperlukan, aksioma dan teorema terkait, penggunaan aksioma dan teorema secara berurutan menurut “waktu lahirnya”, dan manipulasi matematika yang sesuai. Berfikir matematika berarti mengikuti kaidah-kaidah matematika untuk memformulasikan persoalan menjadi model matematika. Untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan industri, matematika mempunyai peranan yang sangat penting. Dalam sains, seperti Fisika, Kimia, Ekonomi, dan sebagainya matematika digunakan sebagai bahasa dan alat bantu. Sains modern hampir seluruhnya bertumpu pada matematika. Dengan berkembang pesatnya sains modern berdampak pula pada kemajuan industri dan teknologi. Hampir setiap segi kehidupan manusia modern sekarang ini menggunakan matematika, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Keywords


Matematika; Ilmu Terstruktur; Ilmu Deduktif; Model Matematika

References


Cattel, Raymond B. 1965. The Scientific Analysis of Personality. Baltimore : Penguin Books, Inc.

Hendrajaya, Lilik. 1993. Menghasilkan Rumusan Matematika dan Menafsirkannya. Bandung : FMIPA Institut Teknologi Bandung.

Kline, Morris. 1973. Why Jonhny Can’t Add: The Failure of The New Math. New York : Vintage Books.

Linson, J.G. Raw. 1976. Berfikir Kreatif dan Brainstorming. Jakarta: Erlangga.

Ruseffendi. 1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Suriasumantri, Jujun S. 1985. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta : PT. Gramedia.

Tim Kurikulum. 1993. Kurikulum Pendidikan Program Studi Matematika. Bandung : Jurusan Matematika Institut Teknologi Bandung.

Tim MKPBM. 2001. Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i1.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License