Hassan Hanafi: Kiri Islam Dan Proyek Al Turats Wa Al Tajdid

Ahmad Munir

Abstract


Berbicara tentang pembaharuan dalam Islam, atau mungkin lebih tepat pembaharuan dalam pemahaman Islam, akan muncul pertanyaan, hal-hal apakah dalam dunia Islam yang sudah mengalami degenerasi sehingga memerlukan pembaharuan, penyegaraan atau “reform”?.
Semangat tinggi cendekiawan Muslim dalam mempelajari Islam akhir-akhir ini sangat menggembirakan dan perlu disyukuri yang menandakan kebangkitan Islam merupakan suatu kenyataan. Namun perlu diingat bahwa kita tidak perlu mengadakan “reform” terhadap Islam karena Islam telah sempurna dengan sendirinya (Q.S. 5:3) justru yang harus diperbaharui ialah sikap terhadap agama, yaitu kemalasan dan kekurangan pemahaman kita dan bukan  kekurangan yang diduga ada pada Islam atau al-Qur’an.
Bila masalah-masalah tajdid pada kurun waktu setelah abad yang lalu berkisar pada sosial pembersihan aqidah dari berbagai rawasih syirik dan pembersih ibadah dari berbagai bentuk bid’ah, khurafat dan tahayul, maka masalah-masalah keagamaan yang mendesak dewasa ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan politik dan ekonomi. Tidak berlebihan bila dikatakan, masa depan Islam sangat bergantung pada kemampuan umat Islam untuk menjawab masalah-masalah sosial politik dan sosial ekonomi yang cukup mendasar dewasa ini.
Dalam situasi yang dekaden tampil seorang muslim pada abad kedua puluh yaitu, Hasan Hanafi yang meluncurkan ide-ide pembaharuannya dalam sebuah jurnal terkenal al-Yasar al-Islami (kiri Islam) yang berisi beberapa essai tentang kebangkitan umat Islam.

Keywords


Kebangkitan, Pembaharuan, ekonomi syariah

Full Text:

PDF

References


Luhfi Assyaukanie, Oksidentalisme : Kajian Barat setelah Kritik Orientalisme Ulumul Qur’an, Volume V. hal. 123 : Jakarta, 1994.

Abdul Aziz Dahlan (ed. et al.), Ensiklopedi Islam, Ichtiar Baru Van Hoeve : Jakarta, 1996.

Hassan Hanafi, Perlunya Oksidentalisme, Ulumul Qur’an, Volume V, hal. 122 : Jakarta, 1994.

Hassan Hanafi., al-Yasar al-Islami, dalam al-Din wa al-Tsaurah, Maktabah Madlubi : Kaoro, 1981.

Kazuo Shimogaki, Kiri Islam antara Modernisme dan Postmodernisme: Telaah kritis Pemikiran Hasan Hanafi, LkiS : Yogyakarta : 1996.

Hassan Hanafi, Essai Sur La Mehode d’exegese, Esai tantang Metode Penafsiran, Mesir Tahun 1971.

Kazuo Hanafi, al-Yasar al-Islami, Op.Cit., h. 48-52




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v16i3.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License