Pengukuran Kinerja Fakultas Mipa dan Fakultas Psikologi di Universitas Islam Bandung : Pendekatan Data Envelopment Anaysis (DEA)

Dikdik Tandika, Meidy Haviz

Abstract


Penelitian ini mempunyai 3 (tiga) tujuan yaitu: (i) mengukur indeks kinerja Fakultas MIPA dan Psikologi, (ii) mengukur dan mengetahui sumber-sumber inefisiensi di fakultas MIPA dan Psikologi, dan (iii) mengatasi inefisiensi di kedua fakultas tersebut. Pengukuran kinerja kedua fakultas ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA). Metode DEA ini menghasilkan indeks kinerja yang menunjukkan tingkat efisiensi teknis yang dimiliki oleh fakultas tersebut. Dikatakan efisien jika kedua fakultas tersebut telah optimal berusaha sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Efisiensi dapat dilihat dari bobot yang nilainya berkisar antara 0% hingga 100%. Semakin mendekati 100%, maka fakultas tersebut dikatakan cenderung makin efisien. Dengan menggunakan Model I, yaitu dengan memasukkan empat variabel (Jumlah Dosen, Jumlah Mahasiswa, Perilaku Mahasiswa, dan Persepsi Mahasiswa), efisiensi Fakultas MIPA adalah 57,76%, sedangkan efisiensi Fakultas Psikologi sebesar 46,93%. Temuan dengan Model I menunjukkan bahwa sumber inefisiensi yang terbesar di Fakultas MIPA dan Psikologi adalah rasio jumlah dosen yang belum seimbang. Hal yang banyak disoroti mahasiswa terhadap kinerja fakultas antara lain, dosen belum menjadi motivator yang baik untuk kegiatan ilmiah, waktu yang disediakan oleh dosen untuk berdiskusi di luar kelas relatif sedikit, dan kurangnya sarana-prasarana yang mendukung kegiatan mahasiswa.
Bobot efisiensi yang dicapai oleh Fakultas MIPA pada Model II adalah 100%, sedangkan Fakultas Psikologi sebesar 98,08%. Variabel yang digunakan adalah Jumlah Karyawan, Jumlah Dosen, Perilaku Dosen, Perilaku Karyawan, Kepuasan Kerja Dosen, dan  Kepuasan Kerja Karyawan. Sumber inefisiensi yang terbesar berdasarkan Model II ini adalah Perilaku karyawan, Jumlah Karyawan, dan Kebiasaan Dosen. Variabel Kepuasan Kerja Dosen cenderung mempunyai pola yang sama, dimana sebagian besar dosen menyatakan ketidakpuasan mereka terhadap fasilitas dan reward yang diberikan oleh Unisba.

Keywords


Data Envelopment Analysis (DEA); Kinerja; Efisiensi; Pembangunan; Mipa; Psikologi

References


Charnes, A., Cooper W.W. dan Rhodes E., 1978. “Measuring the Efficiency of Decision Making Unit”. European Jurnal of Operational Research.

Farrel, M. J. 1957. “The Measurement of Productive Efficiency”, Journal of Royal Statistic Society Series.

Farell, M.J. dan Fieldhouse M. 1962. “Estimating Efficient Production Functions under Increasing Returns to Scale”. Journal of Royal Statistic Society Series.

Johnes, G. 1990. “Measures of Research Output: University Department in the UK. 1984-1988". Economic Journal.

Kalirajan, K. P. dan R.T. Shand. 1994. Economics in Disequilibrium: An Approach from the Frontier. Mac Millan Publishing Company.

Malcom, et. al. 1983. Economics of Development, Second Edition. W. W Norton and Company.

Nigel, Brooke dan John Oxenham, The Influence of Certification and Selection on Teaching and Learning, George Allen and Unwin Australia Pty. Ltd.

Pidato Rektor Universitas Islam Bandung dalam Rangka Milad. Berbagai Edisi.

Simon, H. 1994. Public Sector Management: Critique and Practise, Sage Publictions London. : the Open University.

Schultz, Theodore. 1961. “Investment in Human Capital”, American Economic Review No. 50 January 1961.

Todaro, Michael P. 1991. Economic Development in the Third World, Longman Singapore Publishers Ltd.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License