Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Siswa Sekolah Dasar dalam Mata Pelajaran Matematika di Kecamatan Cicadas Kota Bandung

Teti Sofia Yanti, Icih Sukarsih

Abstract


Keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kepala sekolah, guru, siswa, orang tua dan lingkungan sekolah. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa rata-rata nilai matematika siswa SD di Kecamatan Cicadas Bandung sudah relatif baik serta terdapat korelasi yang positif antara prestasi anak dalam pelajaran matematika dengan tingkat pendidikan Ayah maupun Ibu.

Keywords


Koefisien Korelasi; Usia Sekolah; Matematika

References


Budiyono. 2002. Kemampuan Wanita dalam Matematika (kasus untuk siswa-siswa Sekolah Dasar). Matematika, Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Tahun VII Edisi Khusus, Universitas Negeri Malang 2002.BPS. go.id. Data statistik Indonesia.

Daniel, Wayne. 1989. Statistika Nonparametrik Terapan. Jakarta : PT. Gramedia.

Zakiah Darajat, 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan sekolah. Ruhama

Harian Pikiran Rakyat. 2001. Kamis 15 Pebruari 2001

Hurlock., Elizabeth B.. 1996. Psikologi Perkembangan. PT Gelora Aksara Pratama.

Kline, Morris, 1973. Why Jonh Can’t Add: The Failure of The New Math New York : Vintage Books.

Munandar, S.C.Utami. 1987. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas anak Sekolah. Jakarta : PT Gramedia.

Medenhall, William. tt. Elementary Survey sampling. Duxbury Press, Advision of Woodsworth Publishing Company, Inc, Belmort, Calormiea.

Purnomo, H.Bambang. 1980. Memahami Dunia Anak-Anak.Mandar Maju.

Russefendi, 1991, Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i2.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License