Deteksi Dini Gangguan Perkembangan Autism Oleh Orang Tua

Sulisworo Kusdiyati

Abstract


Autism adalah gangguan perkembangan yang berat yang gejalanya tampil dalam bentuk terhambatnya perkembangan interaksi sosial, kemampuan komunikasi, gangguan dalam perilaku, gangguan dalam persepsi dan gerakan serta gangguan dalam emosi dimana gejala itu sudah tampil sebelum anak berusia tiga tahun. Permasalahan yang terjadi adalah terlambatnya anak didiagnosa sebagai penyandang autism. Hal ini tidak terlepas dari ketidaktahuan orang tua mengenai gejala autism. Padahal intervensi dini sangat penting untuk mengurangi dampak buruk autism. Guna dapat membantu para orang tua dalam melakukan deteksi dini, maka penulis menyajikan tulisan ini yang membahas mengenai gejala autism dan penyebabnya dan faktor-faktor yang perlu diketahui dalam melakukan deteksi dini.

Keywords


Autism, Gangguan interaksi, Komunikasi, dan Perilaku.

Full Text:

PDF

References


Melly Budiman. 2000. Pentingnya Penatalaksanaan Terpadu Pada Anak Penyandang Autism . Makalah dipresentasikan pada Lokakarya Tatalaksana Perilaku dengan Metoda Applied Behavior Analysis (Metoda Lovaas) pada Gangguan Perkembangan Anak Autisma di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung 8 April 2000.

Nelson, RW; Israel,AC. 1997. Behavior Disorders of Childhood. Thrid Edition. Prentice Hall. New Jersey.

Wenar,C. 1994. Developmental Psychopathology From Infancy through Adolescence. Third Edition. McGraw-Hill Inc. New York.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v16i3.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License