Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Guna Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Barat

Ihsana Sabriani Borualogo

Abstract


IPM (Indeks Pembangunan Manusia) menjadi indikator keberhasilan pembangunan. Indeks pendidikan menjadi salah satu komponen dari IPM yang diukur melalui indeks rata-rata lama sekolah dan indeks melek huruf. IPM Indonesia tergolong rendah dibandingkan negara-negara di dunia. Di Jawa Barat sendiri, terdapat beberapa kabupaten yang menunjukkan indeks pendidikan yang rendah dilihat dari indeks rata-rata lama sekolah dan indeks melek huruf. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, karena sesungguhnya pendidikan merupakan hal yang sangat menentukan keberhasilan suatu bangsa agar dapat bersaing di era globalisasi.  Pendidikan merupakan hak bagi setiap individu dan sejatinya dilakukan sejak usia dini karena usia ini adalah masa emas perkembangan anak. Melalui pendidikan, anak akan mengembangkan potensi dirinya dan mendapatkan stimulasi melalui pendekatan teori multiple intelligence. Pemerintah mencanangkan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada Hari Anak Nasional  23 Juli 2003. Namun optimalisasi program PAUD belum terselenggara dengan baik.
Beberapa masalah berkaitan dengan belum optimalnya pelaksanaan PAUD adalah kurangnya investasi dari pemerintah daerah agar PAUD dapat terlaksana dengan baik, PAUD lebih berkembang di perkotaan dan kurang berkembang di pedesaan, masih rendahnya kesadaran orang tua tentang pentingnya PAUD, program PAUD yang sudah berjalan masih belum optimal karena belum mampu menstimulasi anak secara tepat.
Untuk itu, pemerintah daerah dapat menjalin kerjasama kemitraan dengan perguruan tinggi untuk dapat melakukan upaya optimalisasi PAUD guna meningkatkan IPM di Jawa Barat. Dengan kerjasama kemitraan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan indeks rata-rata lama sekolah dan indeks melek huruf, sehingga IPM di Jawa Barat akan meningkat.

Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD); Indeks Pembangunan Manusia (IPM); Pembangunan

References


Armstrong, Thomas, 2004, Sekolah Para Juara – Menerapkan Multiple Intelligence Dalam Dunia Pendidikan / Terjemahan oleh Yudhi Murtanto, Bandung : Kaifa.

Gage, N.L. and Berliner, David C, 1979, Educational Psychology Second Edition, Chicago : Rand Mc Nally College Publishing Company.

Republika, 26 Agustus 2004, RI Alami Masalah Bidang Pendidikan, halaman 9.

Republika, 27 Agustus 2004, Dana Pendidikan Untuk Siswa Tidak Mampu Masih Kurang, Kalam Jabar halaman 2.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i3.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License