Studi Tentang Harapan Orang Tua dalam Pembinaan Anak Pada TK/RA di Desa Tani Mulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung

Erhamwilda Erhamwilda

Abstract


Di TK/RA ditemukan adanya penyelenggaraan pembelajaran anak yang lebih banyak terfokus pada salah satu aspek kepribadian. Diasumsikan salah satu penyebabnya adalah karena sekolah ingin memenuhi harapan orangtua. Hal ini secara  kuantitatif perlu di buktikan melalui penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang: harapan orang tua tentang tujuan, materi / isi, pendekatan /metoda, guru-guru, dan kriteria keberhasilan pembelajaran anak di TK/RA. Peneitian ini dilakukan dengan metoda dekriptif analisis dan teknik pengumpulan data angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan orang tua pada perkembangan aspek kognitif  anak khususnya baca, tulis, hitung dominan, sedangkan harapan pembelajaran yang sesuai kurikulum TK /RA sangat sedikit. Keberhasilan pembelajaran anak sebagian besar dinilai orang tua berdasarkan kemampuan baca tulis dan hitung.

Keywords


Studi; Harapan Orang Tua; Pembinaan Anak TK/ RA

References


Daehler, Marvin D & Bukatko, Danuta. 1985. Cognitif Developmen. 1 Edition. New York : Alfred A. Knof.

Daradjat, Zakiah. 1970. Ilmu Djiwa Agama. Cet.1. Jakarta : Bulan Bintang

Djais, Julistio. 2002. Pendidikan Holistik Anak Usia Dini Dalam Optimilasi Tumbuh kembang Anak. ( makalah ). tidak diterbitkan.

Dryden, Gordon & Jeanette Vos. 2001. Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution): Belajar Akan Efektif Kalau Anda dalam Keadaan “ Fun “

Keajaiban Pikiran & Sekolah Masa Depan. terjemahan Bandung: Kaifa Freeman, Joan & Utami Munandar (2002). Cerdas Cermelang

Hurlock, Elizabeth.1980. Developmental Psychology. Fifth Edition. New York: Mc Graw-Hill Book Company.

Jalal, Fasli. 2002. Pentingnya Pendidikan Anak Dini Usia Dalam Membangun Masa Depan Bangsa Yang Berkualitas. ( makalah ) tidak diterbitkan

Kompas. 2000. Pendidikan TK Abaikan Kemampuan Dasar Anak http : / komps .com /kompas – cetak / 0008 / 04 / dikbud / pend 09 . htm.

Standar Kurikulum 2004 Kompetensi Taman Kanak –Kanak dan Raudhatul

Athafal. (2004) . Jakata : Depdiknas.

Samples, Bob. 2002 Revolusi Belajar Untuk Anak. (terjemahan ) . Bandung: Kaifa

Suara Pembaruan 2002) 80 Persen Anak Belum Tersentuh Pendidikan Usia Solehudin (2000). Pendidikan TK Abaikan Kemampuan Dasar Anak. (htttp: // kompas . com /kompas – cetak / 0008 / 04 / dikbud / pend 09. htm)

Syah, Muhibin (2003) Psikologi Belajar. Cet.1.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Tim Tiga Raksa Optima. (2002) Peran Orang tua Dalam Mempersiakan Dan Membantu Meningkatkan Intektualitas Anak ..... ( makalah ) tidak diterbitkan

Undang-Undang RI Nomor 20 T 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). BP. Dharma Bhakti.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v23i2.243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License