Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi dengan Pola Manajemen Terpadu

Ernawati Ernawati, Hilwati Hilwati

Abstract


Adanya perkembangan ilmu dan teknologi (iptek) di era globalisasi, digitalisasi, reformasi dan otonomisasi dapat menggeser fungsi lembaga pendidikan tinggi sebagai satu-satunya “centre of information”. Karena, perkembangan iptek saat ini dan selanjutnya potensial mulai dihasilkan, dikembangkan dan diabsahkan tidak hanya di lingkungan lembaga pendidikan tinggi, tetapi justru banyak berkembang diluar lingkungan pendidikan tinggi, terutama di lembaga pemerintahan dan sektor industri produktif. Sehingga ada citra lembaga pendidikan tinggi “tertinggal” oleh dunia industri. Untuk mengisi perubahan dan kecenderungan tersebut di atas, apabila lembaga pendidikan tinggi tetap ingin “eksis” di masyarakat dan dunia iptek, maka ke depan lembaga pendidikan tinggi akan lebih dituntut untuk melakukan terobosan-terobosan tidak hanya di bidang iptek, tetapi juga di bidang sosial, politik, dan budaya. Karena itu, perguruan tinggi harus mampu menjadi tempat yang kondusif dalam proses pembelajaran dan berkarya, sehingga dapat menghasilkan ilmuwan yang profesional, berjiwa pemimpin dan handal. Mengantisipasi berbagai tantangan ke depan, suka atau tidak suka, maka pengelolaan perguruan tinggi perlu direformasi; dan agar perguruan tinggi dapat menghadapi berbagai tantangan masa depan dengan menghasilkan karya-karya besar yang kreatif, inovatif, serta relevan dengan kebutuhan masyarakat, maka setiap perguruan tinggi harus dapat dikelola berdasarkan asas “Pengembangan dan Peningkatan Mutu Terpadu dan Berkelanjutan”

Keywords


Manajemen Mutu Terpadu

Full Text:

PDF

References


Dirjen Pendidikan Tinggi, 1999. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi,dan Nomor 61/1999 tentang Penetapan Perguruan Tinggi sebagai Badan Hukum.

Fandy, Tjiptono, 2000. Total Quality Management, Edisi 3, Andi Offset : Yogyakarta.

Kaoru Ishikawa, 1994. What is TotalQuality Control ?,Prentice Hall Inc. Englewood Cliffs, NY. USA.

Saefuddin, Asep dkk. 2000. Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi dan TantanganPerkembangan Mutakhir Otonomi, Desentralisasi dan Reformasi. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional RI, Dirjen Pendidikan Tinggi.

Soehendro, Bambang. 1996. Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang 1996-2005. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,.

Sallis, Edward. 1993. Kogan Page Educational Management Series: Total Quality Management in Education. Kogan London. Page Ltd.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v17i1.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License