Model Pengembangan Komoditas Tanaman Pangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Petani di Sulawesi Selatan

Nursini Tawakal, Sultan Suhab, Amrullah Majjika

Abstract


Artikel  ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh petani tanaman pangan padi dan jagung dan mendesain model pengembangan komoditas tanaman pangan di Sulawesi Selatan. Data yang digunakan adalah sekunder dan  primer yang dianalisis melalui model analisis statistik deskriptif. Lokasi penelitian adalah Kabupaten Sidenreng Rappang, Pinrang, Bantaeng, dan Jeneponto.  Penelitian ini menemukan bahwa (i) permasalahan aktual yang dihadapi oleh petani padi dan jagung meliputi biaya produksi petani cukup tinggi, produktivitas lahan  menurun, ketidakstabilan harga, pendapatan petani rendah, ketersediaan infrastruktur (irigasi) belum memadai, manajemen usaha tani dan peran kelompok tani/gapoktan masih lemah; (ii) Model pengembangan komoditas tanaman pangan adalah model penguatan kelembagaan kelompok tani berbasis kebutuhan dan sinergitas antar stakeholder.


Keywords


Model; Komoditas; Tanaman Pangan; Pendapatan; Petani; Pembangunan

References


Alihamsyah, T., Sarwani, M., dan Ar-Riza, I. (2002). “Komponen Utama Teknologi Optimalisasi lahan Pasang Surut Sebagai Sumber Pertumbuhan Produksi Padi Masa Depan”. Makalah disampaikan Pada Seminar IPTEK padi Pekan Padi Nasional di Sukamandi 22 Maret 2002.

Amrullah (2007a). Pemetaan Rawan Pangan Di Kabupaten Luwu Timur Sulsel. Laporan Hasil Penelitian

Amrullah (2007b). Penyusunan Indikator dan Pemetaan Rawan Pangan Di Mamuju Utara. Laporan hasil penelitian

Ananto, E. (2002). “Pengembangan Pertanian Lahan rawa Pasang Surut Mendukung Peningkatan Produksi Pangan.” Makalah disampaikan Pada Seminar IPTEK padi Pekan Padi Nasional di Sukamandi 22 Maret 2002.

Andi, M, (2010). Studi Awal penelitian karakteristik pembakaran briket tongkol jagung dengan komposisi sekam padi. Mekanika, Jurnal Teknik Mesin dan Industri.

Buang, A. (2002). “Pengembangan Padi Tipe Baru”. Makalah disampaikan Pada Seminar Temu Lapang BALITPA di KP. Pusakanegara, Subang 26 September 2002.

BPS (2010). “Daerah Dalam Angka” (Pinrang, Sidrap, Bantaeng, dan Jeneponto)

Direktorat Pangan Pertanian-Bappenas (2011). Prosiding Kebijakan Perdagangan Komoditas Pertanian Di Era Perdagangan Global. Retrived dari internet tertanggal 15 Nopember 2011

Gurdev, S.K. (2002). “Food Security By Design: Improving The Rice Plant in Partnership With NARS.” Makalah disampaikan Pada Seminar IPTEK padi Pekan Padi Nasional di Sukamandi 22 Maret 2002.

Purba S. dan Las, I. (2002). “Regionalisasi Opsi Strategi Peningkatan Produksi Beras.” Makalah disampaikan pada Seminar IPTEK padi Pekan Padi Nasional di Sukamandi 22 Maret 2002.

Mashar, A.Z. (2000). “Teknologi Hayati Bio P 2000 Z Sebagai Upaya untuk Memacu Produktivitas Pertanian Organik di Lahan Marginal”. Makalah disampaikan Lokakarya dan pelatihan teknologi organik di Cibitung 22 Mei 2000.

Moeljopawiro, S. (2002). “Bioteknologi Untuk Peningkatan Produktivitas dan Kualitas Padi”. Makalah disampaikan Pada Seminar IPTEK padi Pekan Padi Nasional di Sukamandi 22 Maret 2002.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v29i1.363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License