Membentuk Karakter Peduli Lingkungan dengan Model Pembelajaran Inkuiri
Abstract
Permasalahan dalam pembelajara diantaranya: guru kurang memberi kesempatan pada siswa dalam mengembangkan idea, siswa jarang dibawa kelingkungan sekolah dalam mempelajari konsep-konsep agar tidak mudah lupa, rendahnya hasil belajar dan anak kurang peka terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini mendiskripsikan: Penerapan model pembelajaran inkuiri, hasil belajar siswa,pembentukan karakter peduli lingkugan dan sosil, Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa siklus I 74,85% dan siklus II 86,36%). Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri dapat berpengaruh positif pada hasil belajar siswa. Penerapan pembelajaran inkuiri dapat membentuk karakter Peduli lingkungan dan sosial menjadi lebih baik. indikasinya siswa saling membantu kepada teman yang membutuhkan, menolong teman yang meminta bantuan, peduli terhadap lingkungan sekitar dan memperbaiki kerusakan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
B. Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta : PT. Bumi Aksara.
BSNP. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Mata Pelajaran IPS Tingkat SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1996. Models of Teaching. Boston : Allyn and Bacon.
Kasihani. 2009. Model-model Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Karakteristik, dan Implementasinya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Prenada Media Group.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Setiono, Lilik. 2010. Model Pembelajaran Tujuh Bintang. (Online), (http://lilik setiono/wordpress.com/2010/08/12), diakses 24 Januari 2011.
Somantri, M. Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS.Bandung:
Sukmadinata, Nana Syaodih.2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit: PT. Remaja Rosda Karya.
Supriya. 2009. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda karya offset.
Suyanto, Kasiani, K., E. 2008. Model Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
W. Gulo 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Winataputra, Udin, S., dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zainuddin, M. 2010. Membentuk karakter anak melalui pendidikan IPS. Malang: UM Press.
DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v30i1.435
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.