Kematangan Kepribadian Sebagai Prasyarat Bagi Perempuan dalam Menjalani Peran Publik atau Domestik

Kadwi Jamuati

Abstract


Kaum perempuan seringkali dihadapkan pada dua pilihan peran di dalam menjalani kehidupannya, yaitu peran domestik, peran publik, dan peran ganda domestik dan publik. Terlebih dalam situasi seperti sekarang ini, dan mungkin ke depan (pasca krisis ekonomi yang tak kunjung berakhir), adanya tuntutan terhadap peran ganda kaum perempuan sulit untuk dihindari, sehingga sering menjadi dilematis bagi perempuan untuk menjalaninya. Disatu sisi ia dituntut untuk bekerja dengan baik di tempat kerja (publik), sementara di rumah ia juga tetap mesti  menjalankan tugas-tugas rumah tangga (domestik). Dalam keadaan dilematis tersebut, kondisi bimbang mudah dialami oleh perempuan yang berperan ganda manakala ia dihadapkan pada keinginan untuk menunggu anaknya yang sakit di rumah, dan atau ketidak-inginannya untuk meninggalkan pekerjaan di kantor, demi profesionalisme. Adanya kebimbangan ini dapat berdampak pada pemunculan perilaku sebagai cerminan dari kekurang-mampuan penyesuaian diri kaum perempuan terhadap tuntutan peran yang dijalaninya. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk mencegah dan memperbaiki kemungkinan munculnya perilaku yang tidak diinginkan, melalui pembinaan kematangan kepribadian bagi kaum perempuan.

Keywords


Kematangan kepribadian

Full Text:

PDF

References


Calhoun, James F and Acocella, Joan Ross, Psychology of Adjustment and Human Relationships., Mc Graw-Hill Publishing Company, New York, 1990.

Grasha, Anthony F and Kirschenbaum, Daniel S., Psychology of Adjustment and Competence., Winthrop Publishers, Inc. Cambridge, Massachusetts, 1980.

Hall, Calvin S and Lindzey, Gardner., Theories of Personality, A Wiley Trans-Edition, Singapore, 1981.

Powell, Douglas H., Understandsing Human Adjustment., Little, Brown and Company, Boston Toronto, 1983.

Schneiders, Alexander A., Personal Adjustment and Mental Health., Holt Rinehart and Winston, New York, 1965.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v17i3.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License