Menggali Kembali Potensi dan Budaya Desa Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional

Mohammad Satori

Abstract


Krisis ekonomi membawa hikmah pada kita untuk mendefinisikan ulang bagaimana hakekat pembangunan yang seharusnya dilakukan. Apabila tujuan pembangunan tersebut untuk kesejahteraan masyarakat maka seyogyanyalah masyarakat dilibatkan untuk menentukan arah dan kebijaksanaan salam program pembangunan tersebut. Untuk itu maka muncul istilah proses pembangunan yang dimulai dari bawah (bottom-up). Pembangunan dari bawah ini bisa memberikan pengertian: (a) proses pelibatannya, dan (b) penggalian potensi yang ada di masyarakat. Di Indonesia level bawah ini identik dengan perdesaan. Oleh karena itu dalam upaya membangun dari bawah maka selain melibatkan masyarakat perdesaan juga mengkaji potensi-potensi yang ada di masyarakat desa tersebut.

Keywords


Potensi Masyarakat, Pelibatan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Alvin Y. So dan Suwarsono, 1994, “Perubahan Sosial dan Pembangunan”, Jakarta : Pustaka LP3ES Indonesia.

Arief, Sritua, Dr., 1998, “Teori dan Kebijaksanaan Pembangunan”, pengantar, Sri-Edi-Swasono. Jakarta : PT. Pustaka CIDESINDO,.

Chambers, Robert, 1987, “Pembangunan Desa Mulai Dari Belakang”, pengantar M. Dawam Raharjo. Jakarta : LP3ES.

Collier, William L, at.al, 1996, “Pendekatan Baru Dalam Pembangunan Perdesaan di Jawa”, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Kartasasmita, Ginanjar, 1996, “Pembangunan Untuk Rakyat”, Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan, jakarta : PT. Pustaka CIDESINDO.

M. Cernea, Michael (editor), 1988, “Mengutamakan Manusia di Dalam Pembangunan”, Variabel-variabel Sosiologi di dalam Pembangunan Perdesaan, Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Sanderson, Stephen K., 1993, “Sosiologi Makro”, Sebuah Pendekatan Terhadap Realitas Soial, Jakarta : Rajawali.

Sarundajang, S.H., 1999, “Arus Balik Kekuasaan Pusat ke Daerah”, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Sen, Amartya, 199 “Development As Freedom”, Oxford University Pres.

Soedarsono, Nani, 2000 “Pembangunan Berbasis Rakyat” (Community Base Development), pengantar : Prof. Dr. Mubyarto, Jakarta: Yayasan Melati Bhakti Pertiwi.

Soetrisno, Loekman, 1995, “Menuju Masyarakat Partisipatif”, Yogyakarta: Kanisius,.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v18i1.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License