Abstract
Republik Islam Iran (disingkat RII) merupakan sintesa antara doktrin Syi’ah Imamiah (Syi'ah Dua belas) dan prinsip negara modern. Negara Republik ini dibidani kelahirannya oleh Imam Khumaeni dengan Kosep Wilayat al-Faqih-nya. Dalam sejarah pemikiran politik Syi'ah, konsep yang disebut di atas memiliki perjalanan yang panjang sejalan dengan perkembangan masa dan situasi. Pada ajaran dasar syi'ah Imamiah, kepemimpinan (Imamiah) umat Islam berada di tangan Nabi Muhammad SAW. Sepeninggal beliau, kepemimpinan tersebut diserahkan kepada Ali bin Abi Talib sebagai washi, lalu diturunkan kepada Hasan, Husen dan seterusnya sebanyak dua belas Imam. Persoalan muncul setelah Imam yang kedua belas, Muhammad, menghilang di sebuah goa Samarra (Iraq). Sebagai solusi dari keadaan ini, menurut Syi'ah Imamiah, selama Imam berada dalam keghaiban, maka kepemimpinan didelegasikan kepada raja-raja dan ulama mujtahid. Ketika melihat para penguasa jauh dari ajaran syi'ah Imamiah, Khumaeni tampil memperjelas konsep wilayat al-faqih untuk diperjuangkan dan diterapkan di negara Iran. Hasil akhir dari ijtihad Khumaeni tersebut tampak pada konstitusi Republik Islam Iran. Sebagai negara, Iran memiliki ciri yang khas, sehingga mengundang perhatian pengamat politik.
Keywords
Imam Khumaeni; Wilayat Al-Faqih, syiah, iran
References
Abd Al-Aziz A Sachedina. 1991. Kepemimpinan dalam Islam: perspektif Syi’ah (terjemah I Iyas Harun) Bandung, Mizan,.
Alqar Hamid. 1984.Revolusi Islam dan Khomaeni dalam Pembicaraan, Yogyakarta. Salahudin Press.
al-Khumaini. tt. al-Hukumah al-Islamiyah, al-Maktabah al-Islamiyah al-Kubra, Terjemah,
Jalaludin Rahmat. 1991. Islam Alternatif. Bandung. Mizan.
Mumtaz Ahmad. 1993. Masalah Teori Politik Islam. penyunting Ilyas Hasan. Bandung Mizan.
Nasution, Harun. 1985. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jld. I. Jakarta. UI-Press,
Riza Sihbudi. 1993. Tinjauan Teoritis dan Praktis atas Konsep Wilayah-I Fakih. Ulumul Qur`an no. 2,