Piagam Madinah

Muhammad Zainudin

Abstract


Penghapusan Sistem kekhilafahan Turki Usmani oleh Mustafa Kemal Attaturk pada 1 Maret 1924 telah menggugah kesadaran umat Islam dari kejumudan (statisnya) untuk membahas kembali konsep kenegaraan dalam Islam. Segera setelah peristiwa itu terjadi muncul pro dan kontra di kalangan ulama tentang perlu-tidaknya umat Islam membentuk sistem pemerintahan dengan bentuk khusus, seperti Khialafah atau Imamah. Di dalam realistasnya, negara yang didirikan umat Islam sendiri berbeda-beda; ada yang mengambil bentuk kerajaan, seperti Saudi Arabia, disamping ada yang membawa bentuk demokrasi, seperti Negara Islam Iran, Negara Islam Pakistan, dan Negara Islam Sudan. Atas dasar itu, Piagam Madinah - sebagai bukti historis tentang keterkaitan antara agama dan negara- selalu aktual dan menarik dibicarakan, digali, dan diangkat implikasi serta implementasinya hingga saat ini.

Keywords


Piagam Madinah; Negara; Khilafah

Full Text:

Untitled

References


al-Bahnasawi, Salim Ali. 1995. Al-Syari'ah al-Muftara 'Alaiha, Wawasan Sistem Politik Islam, Terjemah Mustholah Maufur. Jakarta. Pustaka Al-Kautsar.

Effendy, Bachtiar. 1998. Islam dan Negara Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia, Jakarta. Paramadina.

al-Ghazali, Muhammad. 1965. Fiqh al-Sirah. al-Qahirah, Mesir Musthafa al-Babi al-Halabi.

Muhammad, Abu Ya'la ibn al-Husain al-Farra al-Hanbali, 1974, Al-Ahkam al-Sulthaniyah, Syarikah Maktabah Ahmad ibn Said Nabhan, Surabaya - Indonesia.

Musa, Muhammad Yusuf. Tanpa tahun. Nidzam al-Hukmi fi al-Islam. al-Qahirah Mesir. Dar al-Katib al-Arabi.

al-Nabhani, Taqiyudin. Tanpa tahun. Nidzam al-Hukm fi al-Islam. Dar al-'Ulum al-Insaniyah.

Pulungan, J. Suyuthi. 1994. Fiqh Siyasah Ajaran Sejarah dan Pemikiran, Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Pulungan, J. Suyuthi. 1994. Prinsip-prinsip Pemerintahan dalam Islam Ditinjau dari Pandangan Al-Qur'an. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Qardhawy, Yusuf. 1997. Min Fiqh al-Islam, Fiqh Negara. Penerjemah Syafril Halim. Jakarta. Robbani.

Rais, M. Amien. 1987. Cakrawala Islam Antara Cita dan Fakta. Bandung Mizan.

Salim, Abd. Muin. 1995. Fiqh Siyasah Konsepsi Kekuatan Politik dalam Al-Qur'an. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sjadzali, Munawir, Islam dan Tata Negara, Ajaran Sejarah dan Pemikiran. Jakarta. Universitas Indonesia.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1996 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v18i3.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License