Urgensi Pembaharuan Strategi Kehumasan Bagi Partai Politik

Ani Yuningsih

Abstract


Partai politik sebagai organisasi yang memiliki akses langsung dan paling dekat dengan kekuasaan dapat kita pandang sebagai fenomena sosial yang aktual saat ini, terutama menjelang masa kampanye pemilihan umum 2004. Citra partai politik (parpol) dibenak personal maupun publik dan  khayalak secara umum amat penting perannya untuk diperhitungkan, baik oleh para pengurus parpol para kader, partisan, maupun kelompok-kelompok kepentingan. Salah satu publik terpenting dan sangat strategis yang turut menentukan kuncup dan mekarnya sebuah parpol adalah pers atau media. Bila menggunakan paradigma kehumasan maka gencarnya tulisan pro-kontra di media massa seputar kegiatan suatu parpol dapat dipandang sebagai suatu keadaan krisis, yang bila tidak segera ditangani secara arief dan strategis dapat menimbulkan opini publik negatif yang pada akhirnya dapat menggelincirkan parpol ke dalam “Citra” yang terpuruk. Event yang sedianya memiliki target membentuk citra demokratis dan aspratif dari parpol dapat berbalik menjadi prasangka atau prejudice dari pemberi suara dan publik lainnya. Disinilah arti penting pembaharuan strategi kehumasan untuk diterapkan, agar upaya-upaya parpol membentuk, memelihara, meningkatkan dan mempertahankan reputasi dan citra partai dapat dicapai seoptimal mungkin. Melalui pendekatan kehumasan, parpol dapat mengidentifikasikan publik internal dan publik eksternalnya. Parpol juga harus mengenali “Keunggulan Diri” Sebagai Landasan Pembentuk Citra Partai Politik, dan mengangkatnya menjadi issue sentral dalam berbagai kampanye. Selain itu strategi komunikasi dan program kehumasan bagi parpol untuk membentuk Citra/Image dapat dilakukan dengan teknik komunikasi :Informatif; Edukatif; dan Persuasif.

Keywords


Pembaharuan, strategi kehumasan, partai politik

Full Text:

PDF

References


Arifin, Syamsul. “Modal Sosial Parpol-parpol Islam”. Republika. Jakarta 1 April 2003

Faridl, Miftah. 2003. “Peran Sosial Politik Kiai di Indonesia”, Makalah, Puskaji-LPPM Unisba.

Harahap, Magda. 2003. “Program Humas Untuk Lembaga Pendidikan”, Makalah. Unisba -Bandung,

Hancock, John. 2001., Demokrasi, A March of Liberty : A Constitutional History of The United States. Jakarta, Jurnal, 2nd edition.

Hidayat,Komaruddin. “Politik Panjat Pinang”. Kompas. Jakarta 27 Maret 2003

Nimmo, Dan. 2000. Komunikasi Politik, Bandung. Remadja Rosda Karya.

Syamsuddin, Nazaruddin. 1993. Dinamika Sistem Politik Indonesia, Jakarta, Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v19i1.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License