Potensi Opini Publik Terhadap Eksistensi Ormas & Partai Islam

Neni Yulianita

Abstract


Dalam konteks komunikasi, terlebih-lebih dalam komunikasi politik pengkajian opini publik merupakan hal yang essensi, karena perkembangan politik atau naik-turunnya seseorang/suatu golongan/suatu organisasi yang bergerak dalam kegiatan ORMAS dan Partai Politik banyak ditentukan oleh baik-buruknya opini publik atau citra publik terhadap ORMAS dan Partai. Dalam konteks pembentukan ORMAS dan Partai Islam tidak mungkin dapat terbentuk tanpa dukungan opini publik. Jika dukungan opini publik ini kuat maka terbentuknya ORMAS dan Partai Islam akan memenuhi harapan. Saat kemunculan partai-partai di Indonesia untuk kepentingan PEMILU tahun 1999, harus memenuhi syarat didukung sekurang-kurangnya sebanyak 10 wilayah untuk pengurus DT.I dan 10 wilayah untuk pengurus DT.II). Fenomena ini menjadi bukti potensi opini publik bagi syarat partai diperhitungkan dalam PEMILU, begitu juga berlaku bagi partai Islam. Bagaimanapun bentuknya, opini publik dapat menimbulkan efek, baik efek yang sifatnya  mendukung maupun menolak seseorang/organisasi/ partai. Karena itu, tidaklah heran jika banyak penguasa, terutama di negara-negara demokrasi sangat memperhatikan proses perkembangan opini publik, dan sejauh mungkin berusaha untuk mengendalikannya.

Keywords


Komunikasi Politik; Efek Komunikasi; Opini Publik

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman, Oemi. 1993. Dasar-Dasar Public Relations. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Blake, Reed H., and Edwin O. Haroldsen. 1979. A Taxonomy of Concepts in Communication. Hasting.House, New York.

Noer, Deliar. 2000. Partai Islam di Pentas Nasional Kisah dan Analisis Perkembangan Politik Indonesia 1945-1965. Mizan. Bandung.

Palapah, M.O. 1984. Diktat. Opini Publik. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung.

Roekomy, R. 1967. Makalah. Opini Publik (Ciri-ciri, Konsep, dan Pengukurannya). Bandung.

Ruslan, Rosady. 1998. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasinya). Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sastropoetro, R.A. Santoso. 1987. Komunikasi Sosial (Pendapat Publik, Pendapat Umum, dan Pendapat Khalayak). Remadja Karya, Bandung.

Sunarjo, Djoenaesih S. 1997. Opini Publik. Liberty, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v19i1.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License