PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DI ONLINE SHOP IG MAMAMERAMU

Yenny Maya Dora, Cania - Sukma

Abstract


Sejak menyebarnya pandemi Covid 19 semua kegiatan dilakukan secara online. Tidak terkecuali kegiatan pemasaran produk/jasa, hal ini merupakan salah satu strategi agak usaha dapat tetap berjalan. Tetapi hal ini juga menimbulkan persaingan antar pengusaha sejenis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan promosi penjualan terhadap minat beli ualang di Online Shop Mamameramu. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Data didapat dengan menyebarkan kuesioner pada sampel sebanyak 120 orang konsumen Mamaeramu. Data yang didapat akan dianalisa menggunakan SPSS 26.0. Adapun hasil penelitian ini didapatkan bahwa keragaman produk secara parsial berpengaruh terhadap minat beli ulang di Online Shop Mamameramu, dan Promosi penjualan secara parsial juga berpengaruh terhadap minat beli ulang di Online Shop Mamameramu. Sedangkan hasil uji secara simultan didapatkan Keragaman Produk dan Promosi Penjualan secara bersama-sama berpengaruh pada minat beli ulang konsumen. Semakin beragam produk yang tersedia dan konsistennya promosi penjualan yang dilakukan oleh Online Shop Mamameramu akan meningkatkan minat beli ulang konsumen pada Online Shop Mamameramu.

 


Keywords


Keragaman Produk, Promosi penjualan, Minat beli Ulang, Online Shop.

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Per-sada.

Agustina, Lela. 2017. “Pengaruh Suasana Toko Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toserba Maya Di Kec. Randublatung Kab. Blora.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 1(1): 39–43. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/17959.

Beritagar, https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/pertumbuhan-produksi-pakaian-jadi-2011-2019-1557312893, diakses tanggal 10 Juni 2022

Benson, Robert J. 2007. From Business Strategy to IT Action, Right Decisions for a Bottom Line. New Jersey: Jhon Wiley and Sons, Inc.

Buchari Alma, (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa . Bandung: Alfabeta.

Dharmmesta, Basu Swastha dan Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Kosumen. Yogyakarta: BPFE.

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta: Bandung.

Kara, A. 2016. “Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Online Shop Elevenia Di Bbm Grup Terhadap Minat Beli Mahasiswi.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi 5(1): 44–49.

Kartika Yudha, I Putu Gede Manik, and Ni Wayan Sri Suprapti. 2018. “Pengaruh Atmosfer Toko Dan Daya Tarik Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang (Di Matahari Mall Bali Galeria Kuta).” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 7: 1803.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlang-ga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta

Muharam, Rahmawati, Andi Juanna, and Djoko L Radji. 2018. “Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada PT Karsa.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 1(1): 55–72.

Rambat, Lupiyoadi. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Rachmawati, Kalingga Dewi, and Finisica Dwijayati Patrikha. 2021. “Pembelian Di Pesen Kopi Kota Bojonegoro Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 15(2): 182–89.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ban-dung: Alfabeta.

Utami. Christina Whidya. (2010). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operaional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Edisi 2, Penerbit Ssalemba Empat, Jakarta.

Ulfami, Paquita, and Saino. 2020. “Pengaruh Desain Produk, Keragaman Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Giyomi Melalui Shopee.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 08(01): 702–8.

Wenno, M.W. 2018. “Jurnal Maneksi Vol 7, No. 2, Desember 2018.” Jurnal Maneksi 7(2): 94–99.

Yanti Febrini, Irma, Retno Widowati PA, and Misbahul Anwar. 2019. “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta.” Jurnal Manajemen Bisnis 10(1): 35–54.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v19i2.10095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039