Meningkatkan Potensi Desa Pagerwangi Melalui Produktivitas dengan Pengembangan UMKM sebagai Wujud Ekonomi Kreatif Desa

Roro Arinda Reswanti Julian Pratama, Ajeng Fitri Ningtiyas, Husni Mauludin, Meryola Christina Larosa, Kautsar Ath Thaariq

Abstract


Mitra disini merupakan pelaku usaha UMKM yang bergerak dibidang kicimpring. Lokasi usaha terdapat di tempat tinggal mitra itu sendiri yang terletak di RW.10 Desa Pagerwangi. Produk yang dibuat bisa dibilang masih sederhana dan belum mengikuti perubahan zaman. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah terkendala dibidang peralatan yang dari kuantitas belum terpenuhi dan beberapa tidak layak untuk dipakai, dari bidang pemasaran, mitra hanya mengandalkan penjualan dengan berkeliling atau memasarkannya di satu pasar. Dibidang kemasan, mitra kurang memperhatikan pentingnya pengemasan yang baik dan menarik dan beberapa mitra belum memiliki labelnya sendiri, serta dari pemasukan dan pengeluaran pun transaksinya tidak selalu dicatat dengan baik. Solusi yang ditawarkan yaitu berupa beberapa program yang dirancang oleh tim. Tujuan dari adanya kegiatan program tersebut adalah untuk membantu mitra dalam segala aspek untuk meningkatkan UMKM kicimpring yang khas pada masyarakat tersebut.


Keywords


Pemasaran Online, Usaha Mikro Kecil Menengah, Pembukuan

Full Text:

PDF

References


Akhmad, Khabib Alia. 2015. Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM. STMIK Duta Bangsa Surakarta.

Amelia Riskita. 2022. Perkembangan UMKM di Indonesia dan Perannya, Seperti Apa?. https://store.sirclo.com/blog/perkembangan-umkm-di-indonesia/

Ariyanti, Aris. Andi, Dede. Abid, Muhammad. Oktavianti, Nopi. Amelia, Rizka Wahyuni. Wiguna, Melda. Safih, Abdul Rahman. Purwanti. Wijoyo, Hadion. Devi, Wiara Sanchia Grafita Ryana. 2021. Entrepreneuriall Mindsets & Skills Sumatera Barat : Insan Cendekia Mandiri.

Irrubai, Mohammad Liwa. 2015. Strategi Labeling, Packaging, dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Pendidikan IPS-Ekonomi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Mataram.

Julianti, Siti. 2014. The Art of Packaging. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing management 15th ed. (15th). Harlow.

Niswonger, C. Rollin et al. (1999). Prinsip-prinsip Akuntansi (terjemahan), Alih Bahasa : Alfonsus Sirait, Jilid 1. Edisi 16 Erlangga. Jakarta.

Pesoth, Mario Christo. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Packaging, dan Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Rokok Dunhill di Kota Manado. Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Setiawan, Achma Hendra. 2005. Sistem Pembukuan Dalam Administrasi Perkantoran.

Silayoi & Speece. (2007). The Importance of Packaging Attributes: A Conjoint Analysis Approach . European Journal of Marketing, 1495-1517.

Sutisna. 2016. Manajemen Keuangan. Bandung.

Tandjung, Jenu Widjaja. 2011, Marketing Management. Edisi Kedua. Cetakan Kedua. Bayumedia Publishing. Malang.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Widodo, Slamet. 2018. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle). Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press (UB Press).




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v19i2.10703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039