Pengaruh Influencer Marketing, Collaboration Branding, dan Harga terhadap Minat Beli Virtual Skin pada Pemain Game Online Mobile Legends: Bang Bang di Kabupaten Blitar

Julio Andre Setiawan, Binti Nur Asiyah

Abstract


Since the existence of COVID-19, people have had to stay at home, causing people to seek entertainment. One of the easy and cheap entertainment is playing games. This research was conducted because there are more and more game players in Indonesia. Researchers want to know the effect of influencer marketing, collaboration branding, and price on the interest in buying virtual skins among online game players Mobile Legends: Bang Bang in Blitar Regency. Associative research is used in this study, which employs a quantitative approach. This study took 30 respondents by testing data using SPSS 25. This study found that the intention to purchase virtual skin is significantly influenced by partially influencer marketing. Interest in purchasing virtual skins is also influenced in part and significantly by collaboration branding. Interest in purchasing virtual skins is also significantly influenced by price. If these three variables are combined, the research results prove that simultaneously influencer marketing, collaboration branding, and price have a significant effect on the interest in buying virtual skins among online game players Mobile Legends: Bang Bang in Blitar Regency.


Sejak adanya COVID-19 membuat masyarakat untuk tetap tinggal di rumah sehingga mengakibatkan masyarakat mencari hiburan. Salah satu hiburan yang mudah dan murah adalah bermain game. Penelitian ini dilakukan karena semakin banyak pemain game yang ada di Indonesia. Peneliti ingin menguji pengaruh influencer marketing, collaboration branding, dan harga terhadap minat beli virtual skin pada pemain game online Mobile Legends: Bang Bang di Kabupaten Blitar. Penelitian dengan jenis penelitian asosiatif ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan SPSS 25, penelitian ini menguji data dengan 30 responden dari populasi yang tidak diketahui. Penelitian ini menghasilkan influencer marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli virtual skin secara parsial. Untuk collboration branding memiliki pengaruh signifikan juga terhadap minat beli virtual skin secara parsial. Harga ternyata memiliki pengaruh secara signifikan  juga terhadap minat beli virtual skin. Jika digabungkan antara ketiga variabel tersebut, hasil penelitian menghasilkan uji bersama bahwa influencer marketing, collaboration branding, dan harga berpengaruh terhadap minat beli virtual skin secara signifikan pada pemain game online Mobile Legends: Bang Bang di Kabupaten Blitar.


Keywords


Harga, Influencer Marketing, Collaboration Branding, dan Mobile Legends

References


Alfarisi, A. H., Siregar, M. E. S., & Febrilia, I. (2022). Pengaruh Nilai-Nilai Fungsional, Sosial, dan Emosional terhadap Niat Beli Barang Virtual Game Online. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(1), 297–313. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Amilia, S., & Nst, M. O. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299

Carissa, T., & Aruman, A. E. (2019). Pengaruh Sales Promotion Dan Influencer Marketing Terhadap Minat Membeli Dalam Mobile Legends. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 45–55.

Darmawan, C. M. (2021). Analisis Brand Personality dalam Co-branding Dear Me Beauty di Instagram. Jurnal E-Komunikasi, 9(2), 1–12.

Evelina, L. W., & Handayani, F. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra). Warta ISKI, 1(01), 71. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i01.10

Fakhruddin, S. H., & Dewi, R. S. (2020). Pengaruh Co-Branding dan Customer-Based Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Co-Branding Produk Stockroom-Oldblue di Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 360–368. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28136

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Jakarta: UNDIP Press.

Hakim, M. L., & Indarwati, T. A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing dan Nilai Emosional terhadap Niat Beli Produk Virtual Skin Pada Game Mobile Legends : Bang Bang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 199–209.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Hidayat, A., & Hartanto, G. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Bergaransi Distributor Pada PT. Tiga Agung. ECo-Buss, 2(1), 16–29. https://doi.org/10.32877/eb.v2i1.95

Idayanti, T. I. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Virtual Goods Online Games Mobile Legends (Studi pada Mahasiswa di Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 1–13.

Kharisma, M. A. (2019). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Masyarakat pada Store Cosmic Cabang di Surabaya (Studi Kasus pada Masyarakat di Surabaya) 8(12), 117–127. https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2454/

Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27–34. https://doi.org/10.35797/jab.v6.i003.%25p

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D

Mokoagow, G. L., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2018). Pengaruh Periklanan terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli di Alfamidi R.E Martadinata Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(001), 9–14.

Nawawi, M. I., Pathuddin, H., Syukri, N., Alfidayanti, A., Poppysari, S., Saputri, S., Ramdani, M., Jun, M., & Marsuki, I. (2021). Pengaruh Game Mobile Legends terhadap Minat Belajar Mahasiswa/i Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), 46–54. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.2039

Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(2), 171–179.

Nurohman, F., & Riptiono, S. (2021). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Brand Imagedan Attitudeyang Berdampak pada Purchase Intention Skin Mobile Legends Melalui Review di Youtube. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(6), 1080–1092.

Nurpriyanti, V., & Hurriyati, R. (2016). PENGARUH KINERJA CO-BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mini Market Penjual Es Krim Wall’s Selection Oreo di Kecamatan Cikajang - Garut). Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 98–114. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2281

Nuryadi, & Rahmawati, P. (2018). Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau Dari Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jm.v3i1.656

Pramiawati, A. W., & Aulia, P. (2022). Pengaruh Strategi Co- Branding Produk Susu UHT Cimory Rasa Biskuit Marie Regal Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA, 6(2), 789–808.

Pratama, R., Widjajanta, B., & Razati, G. (2017). Co-Branding Dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image. Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 17(1), 9–14. https://doi.org/10.17509/strategic.v17i1.17531

Pratiwi, N. I., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Co Branding Berdampak pada Niat Beli Pelanggan (Studi pada Konsumen Cornetto Silverqueen di Kabupaten Grobogan). YUME : Journal of Management, 5(1), 51–66. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.433

Pratnyawan, A., & Rachmanta, R. D. (2021). Sebaran Pemain Mobile Legends Indonesia, Terbanyak di Pulau Ini. Www.Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2021/08/12/142903/sebaran-pemain-mobile-legends-indonesia-terbanyak-di-pulau-ini?page=all

Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46. https://doi.org/https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2480

Rahmadianti, R. N., Nasution, A. H., & Sugihartanto, M. F. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Virtual Item dalam Online Mobile Game (Studi Kasus: Mobile Legends Bang Bang). Jurnal Teknik ITS, 10(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.70332

Ramdhani, D., Suharyono, & Hidayat, K. (2018). Pengaruh Co-Branding Terhadap Customer Purchase Intention Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 63(1), 115–120. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/2707/3102

Sabiila, Y., & Zulestiana, D. A. (2022). Pengaruh Influencer Social Media Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Generasi Z ( Studi Kasus Pada E-Commerce Sociolla ). E-Proceedings of Management, 9(4), 1928–1934. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18259/17838

Siahaan, R., Pasaribu, R., Tambunan, B. H., & Sitorus, Y. M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Unknown Cash (Uc) Dalam Games Player Unknown Battle Ground (Pubg) Mobile Di Medan Baru. Journal of Economics and Business, 3(1), 49–57. https://doi.org/10.36655/jeb.v3i1.713

Stevani, N., & Junaidi, A. (2021). Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita pada Instagram. Prologia, 5(1), 198–203. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10121

Taluke, D., Lakat, R. S. M., & Sembel, A. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.258

Utami, R. P., & Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di Pasar Sambas Medan. Niagawan, 6(2), 44–53. https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8334

Wahyudi, R. (2022). Pengaruh Iklan Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Padagames Online Mobile Legends. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 563–578. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.64




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v20i1.10900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039