PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN CITRA UNIVERSITAS TERBUKA TERHADAP WORD OF MOUTH MAHASISWA

Angga Sucitra Hendrayana, Imas Maesaroh, Deden Taryana

Abstract


Keunggulan sistem pendidikan jarak jauh yang telah terbukti mampu menjangkau daerah yang luas dan massal menyebabkan biaya yang harus ditanggung mahasiswa juga menjadi lebih murah. Namun, bukan hanya luas jangkauan sistem dan besarnya jumlah mahasiswa yang menjadi fokus penyelenggaraan UT, tetapi peningkatan kualitas layanan baik layanan akademik maupun administrasi akademik juga menjadi fokus utama. UT sebagai perguruan tinggi negeri terbuka dan jarak jauh satu–satunya di Indonesia yang menerapkan sistem belajar jarak jauh tentu saja terus selalu meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para mahasiswa dan stakeholder. Jasa pendidikan kepada mahasiswa merupakan serangkaian proses penilaian dengan membandingkan seberapa besar benefit yang diperoleh dari produk dan jasa dengan pengorbanan yang dikeluarkan untuk membeli produk dan memanfaatkan jasa tersebut. Pengalaman para user UT yang merasakan kepuasan atas kualitas pelayanan tentu saja akan meningkatkan citra positif UT di masyarakat. Dengan memperoleh kepuasan mereka melakukan word of mouth (WOM) yang positif di dalam membangun citra UT. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Survey Explanatory dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Analisis data yaitu analisis jalur dengan menggunakan software SPSS. Dari hasil penelitian didapat bahwa Experiential Marketing dan Citra Universitas Terbuka secara simultan berpengaruh signifikan terhadap WOM mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A and Joachimsthaler, Erich (2000). Brand leadership: Building assets in the information society. Free Press (New York)

Aaker, David A, V. Kumar & George S. Day. 2004. Marketing Research. Eighth Edition.USA: John Wiley & Sons Inc

Babin, B.J., Darden, W.R., and Griffin, M. 1994. Work and/or Fun: Measuring Hedonic and Utilitarian Shopping Value. Journal of Consumer Research, Vol.20, March, p.664-656.

Baran, R., Galka, R., and Struk, D. 2008. Principle of Customer Relationship Management. Ohio: Thomson South-Western.

Buchari Alma, 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta Bandung

Buchari Alma. 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu dan layanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Eddy Soeryanto Soegoto (2008). Lingkungan Pemasaran dan Sumber Keunggulan Bersaing Dalam perumusan Strategi Pemasaran. Jurnal Trikonomika Fakultas Ekonomi UNPAS.

Egan, J. 2008, Relational Marketing: Exploring Relational Strategies in Marketing, (4th edition), New Jersey: Prentice Hall

Gilbert, David. 2003. Retail marketing management (2nd ed). England: Prentice Hall.

Hasan, Ali. 2009. Marketing Edisi Baru. Yogyakarta: Media Pressindo.

Helgesen, O., and Nesset, E. (2007). ‘‘Images, Satisfaction and Antecedents: Drivers of Student Loyalty? A Case Study of a Norwegian University College,’’ Corporate Reputation Review, Vol. 10, No. 1, pp. 38–59.

Malhotra, N.K. 2007. Marketing Research (5th edition). New Jersey: Prentice Hall.

Pine, B. Joseph., and Gilmore H. James. 1999. The Experience Economy: Work is Theatre and Every Business a Stage. Boston: Harvard Business School Press.

Prahalad, C. K., and Venkatram Ramaswamy. 2000. Co-opting Customer Competence. Harvard Business Review, 78 (1), p.79-87.

Rosen, Emanuel terjemahan Zoelkifli Kasip. 2004. Kiat Pemasaran dari Mulut ke Mulut. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Schmitt, H. Bernd. 1999. Experiential Marketing: How to get your customer to sense, feel, think, act and relate to your company and brands. New York: The FreePress.

Sernovitz, Andy. 2006. Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. Chicago: Kaplan Publishing.

Silverman, George. 2001. The Secrets of Word of Mouth Marketing: How to Trigger Exponential Sales through Runaway Word of Mouth. New York: AMACOM.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i0.3272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039