HOW CAN THE INDONESIAN TELECOMMUNICATION GIANT PERSIST AMID THE COMPETITION? A CASE OF TELKOMSEL INC.

Egi Arvian Firmansyah

Abstract


Salah satu ciri dunia bisnis (business world) di era ini adalah persaingan. Dibandingkan dekade-dekade sebelumnya, kini perusahaan menghadapi persaingan yang jauh lebih ketat (hyper competition). Hal ini seiring pula dengan semakin terintegrasinya ekonomi dunia (integrated economies) sehingga persaingan tidak lagi berasal dari dalam negeri, melainkan juga dari luar negeri. Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan perusahaan telekomunikasi paling Indonesia, Telkomsel kini menghadapi persaingan yang semakin ketat dari beberapa perusahaan lain. Beberapa perusahaan pesaing tersebut mayoritas sahamnya dimiliki oleh asing. Layanan dari provider pesaing menawarkan servis yang serupa namun dengan biaya yang lebih terjangkau bagi semua kalangan. Dengan demikian, posisi Telkomsel sebagai market leader semakin terancam dan profit perusahaan dikhawatirkan cenderung menurun di kemudian hari. Tulisan ini membahas mengenai isu-isu yang dihadapi Telkomsel (pada tahun 2014) dan menstimulus pengambil keputusan untuk mengambil keputusan strategis. Formulasi keputusan strategis dalam perusahan dilakukan secara terstruktur. Terlebih dahulu, manajer perusahaan di tingkat top management melakukan analisis posisi perusahaan di dalam persaingan. Tulisan ini menyajikan beberapa tools yang dapat digunakan untuk menganalisis posisi perusahaan dan posisi pesaing.

Full Text:

PDF

References


Fernandez A-S., Le Roy F., Gnyawali D. (2014): Sources and Management of Tension in Coopetition Case Evidence from Telecommunications Satellites Manufacturing in Europe. “Industrial Marketing Management”, Vol. 43, No. 2.

Fjeldstad Ø.D, Becerra M., Narayanan S. (2004): Strategic Action in Network Industries: An Empirical Analysis of the European Mobile Phone Industry. “Scandinavian Journal of Management”, Vol. 20.

Hoskisson, Robert E; Lorraine Eden; Chung Ming Lau; Mike Wright. Academy of Management Journal; Jun 2000; 43, 3; ABI/INFORM Global pg. 249

Jensen, MC. (1998). Foundations of Organizational Strategy: Preface and Introduction. Harvard University Press, pp. 1-7.

Roy, FL & Sanou, FH. (2014). Does Coopetition Strategy Improve Market Performance? An empirical study in mobile phone industry. Journal of Economics and Management. Vol 17.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.3505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039