THE IMPLEMENTATION OF MARKETING MIX : A CASE STUDY OF UD SIGRAPRO JAKARTA

Rora Puspita

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada UD Sigrapro, sebuah perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan peralatan entertainment. Tujuan dari dilaksanakannya studi ini adalah untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi UD Sigrapro dilihat dari aspek bauran pemasaran perusahaan. Studi ini menggunakan metode studi deskriptif. Dimana terdapat tiga permasalahan utama yang harus dijawab dalam penelitian ini. Studi ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari wawancara dengan pemilik perusahaan, serta dari observasi lapangan. Sedangkan data sekunder didapatkan dari buku teks dan jurnal akademik. Permasalahan yang diangkat dalam studi ini adalah : (1) Bagaimana keadaan bisnis UD Sigrapro dilihat dari aspek bauran pemasaran, (2) Apakah permasalahan yang sedang terjadi pada UD Sigrapro, serta (3) Solusi apa yang dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan pada UD Sigrapro. Permasalahan yang ditemukan dalam studi ini adalah pada faktor penetapan harga, lokasi perusahaan, serta promosi yang digunakan perusahaan. Solusi yang diberikan adalah : (1) Membuat sistem penetapan harga dengan parameter terkait, (2) Memasang plang nama perusahaan serta memasang lokasi pada google maps, serta (3) menambah metode promosi yang digunakan perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, R. (2015). Pengaruh pelaksanaan bauran pemasaran terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada jamu di Banda Aceh. Jurnal sistem teknik industri, 54-62.

Boone, L., & Kurtz, D. (2011). Contemprary Business. New York: Wiley.

Hasan, A. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Kentanu, D. (2016, January 5). Analisis bauran pemasaran pada UD Sigrapro. (H.P Putra, Pewawancara).

Kotler, P. T., & Amstrong, G.M. (2013). Principles of Marketing. London: Pearson Education Limited.

Kotler, P. T., & Keller, K.L. (2013). Marketing Management. London: Pearson Education Limited.

Sugiyonoi. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.3519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039