Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi di Jatinangor

Sintia Afriyanti, Elly Rasmikayati

Abstract


Kedai kopi menjadi bagian dari gaya hidup dan digemari oleh konsumen sehingga menjadi usaha yang menjanjikan. Semakin menjamurnya kedai kopi menyebabkan persaingan bisnis sehingga terjadi fluktuasi penjualan. Penelitian ini dilakukan di Belike Coffee dan Balad Coffee Works, Jatinangor. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran berdasarkan perilaku konsumen di kedua kedai kopi tersebut. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan sampel sebanyak 50 orang pada Belike Coffee dan 60 orang pada Balad Coffee Works. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa konsumen yang datang rata-rata adalah laki-laki berstatus mahasiswa. Manfaat yang dicari dengan berkunjung ke Belike Coffee adalah rasa yang enak/nikmat, sedangkan manfaat yang dicari ke Balad Coffee Works adalah menikmati suasana yang ditawarkan. Konsumen merasa puas dan akan berkunjung kembali ke kedai kopi pilihannya, namun konsumen akan mencari kedai kopi lain apabila kondisinya sedang penuh. Apabila terjadi kenaikan harga, konsumen Belike Coffee akan mengurangi frekuensi pembelian selanjutnya, sedangkan konsumen Balad Coffee Works tetap akan membeli. Potensi yang dimiliki Belike Coffee adalah jenis biji kopi yang berasal dari nusantara terutama Jawa Barat dan didapat langsung dari petani. Sedangkan potensi Balad Coffee Works adalah jenis biji kopi yang berasal dari seluruh nusantara bahkan luar negeri. Kendala yang dimiliki dalam menjalankan usaha diakibatkan oleh pesaing yaitu terjadinya fluktuasi penjualan. Strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan omzet di kedua kedai kopi adalah strategi produk, harga, lokasi, dan promosi.

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia. Jakarta. Diakses dari www.aeki-aice.org. (diakses pada Januari 2017).

Badan Pusat Statistik. www.bps.go.id. Diakses pada Januari 2017.

Broto M.P. 2011. Manajemen Strategi Pemasaran. Jurnal Hospitour, Vol II, No.1:71-82, April.

Buchari, Alma. 2007. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Burhan, Bungin. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Jakarta: Prenada Media.

Cahyono, Bambang Tri. 1993. Strategi Pemasaran Untuk Berbagai tahap. Jurnal Magister Manajemen, No.6 Tahun III.

Cirebon Kuliner. 2015. TREN COFFEE SHOP DI CIREBON | PART 2: Kedai-Kedai Kopi di Cirebon. http://www.cirebonkuliner.com. Diakses pada Juni 2017.

Cousins, J., Foskett, D., & Gillespie, C. 2002. Food and Beverage Management.

Damanik, Anita Magdalena. 2008. Analisis Sikap dan Preferensi Konsumen terhadap Coffee Shop De Koffie–Pot Bogor. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis. Jakarta: PT. Indeks kelompok Gramedia.

David L, Louden. Albert J.Della Bitta. 1984. Consumer Behavior: Concept and Applications. The United States of America : ByMcGraw Hill.Inc

Depkes RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.

Dharmmesta BS, Handoko TH. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Ed ke-1. Cet ke-4. Yogyakarta (ID): BPFE-Yogyakarta.

Dicum, G., Nina Luttinger. 1999. The Coffee Book: Anatomy of an Industry from Crop to the Last Drop. New Press. New York.

Direktorat Jenderal Perkebunan. 2014. Statistik Perkebunan Indonesia: Kopi 2013-2015. Kementerian Pertanian. Jakarta.

ED. 2014. Mengenal Jenis-jenis Kopi. Riau: Sekertariat Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Riau.

Engel, James F, et.al, 1994, Consumer Behavior, Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto, Jakarta: Binarupa Aksara.

Engel, J.F., Blackwell, R.D. & P.W. Miniard. 1995. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 1 & 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Euromonitor. 2012. Consumer Food service – Indonesia.

Food and Agriculture Organization of United Nation (FAO). 2015. www.faostat.fao.org. Diakses pada Februari 2017.

Gerald, Zaltman. Melanie, Wallendorf. 1979. Consumer Behavior: Basic Findings and Management Implications. The United States of America: By John Willey and Sons Inc.

Gunadi. 2004. Aplikasi Theory Of Constraints pada Perusahaan Pengiriman (Studi Kasus PT Nusa Cargo). Jurnal Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

Ikhsan, Risyad Muhammad. Rasmikayati, Elly. 2016. Sikap dan Norma Subjektif Konsumen terhadap Pembelian Produk di Armor Kopi Garden (Suatu Kasus di Kedai Armor Kopi Garden, Legok Randu, Bandung). Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Padjadjaran. Bandung.

Indrawan, Rully. Poppy, Yuniawati. 2014. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Online. http:// kamusbahasaindonesia. org/ diakses pada Febuari 2017.

Kaplan, Robert S. Atkinson, A.A., (1998). Edisi 3. Advance Management Accounting. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kartasapoetra. 1987. Potensi dan Sumber Daya. Jakarta: Erlangga.

Khaniwale, Manali. 2015. Consumer Buying Behavior. University of Bridgeport, Bridgeport, CT, USA.

Kotler, Philip. 1990. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan dan Pengendalian, Cetakan ke 5, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip.1997, Marketing Management: Analysis, Planning Implementation, and Control,9thed, Englewood Cliffs, N.J : Prentice Hall International,Inc.

Kotler, Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran 1, Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin L., Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Terjemahan: Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Indonesia: Penerbit Erlangga.

Liang, Wen Ko. Rou-An, Wu. 2012. Analysis of Coffee Shop Market-A Case Study of UK. Departemen Bisnis Internasional Universitas Taiwan Selatan.

Listyari, N.P.W. 2006. Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Coffee Shop De Koffie Pot, Bogor. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Mahfoedz, M. (2005). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Majdi, Udo Yamin Efendi. 2007. Quranic Quotient. Jakarta: Qultum Media.

Malholtra. 2005. Riset Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mowen, D dan John C. 1990. Consumer Behavior, Newyork: Macmillan Publishing Company.

Nazir, M. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Nitisemito S.A. 1994. Manajemen Personalia, Edisi Delapan. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Panggabean, Eddy. 2011. Buku Pintar Kopi. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Prastowo, B. dkk. 2010. Budidaya dan Pasca Panen Kopi. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan.

Pusdatin Kementan. 2015. Outlook Kopi. Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal-Kementerian Pertanian.

Rahardjo, Pudji. 2012. Kopi Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika Dan Robusta. Jakarta: Penebar Swadaya.

Raharjo, Adith. 2008. 5 Rahasia Sukses Bisnis Restoran. Penebar Plus, Jakarta.

Rambat L. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.

Rambat L., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Samsura, Doddy. 2012. Ngopi ala Barista. Jakarta: Penebar Plus+.

Santoso dan Tjiptono. 2004. Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sandjojo, Nidjo. 2014. Metode Analisis Jalur dan Aplikasinya. Edisi Revisi. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Saraswati, 2009, Pemberdayaan Kesehatan Anak dan Keluarga, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Satria. Adi, 2014, Warung Kopi: Gaya Hidup atau?, Diakses dari www.kompasiana.com (diakses pada Mei 2017).

Sekaran, Umar. 2000. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi Keempat. Penerjemah: Kwan Men Yon. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Simamora, Bilson. (2008). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soekresno. 2002. Manajemen Food & Beverage Service Hotel. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Swastha, Basu. 2009. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. (2004). Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Undang-undang Perlindungan Konsumen. http://www.unstrat.ac.id/hukum/uu/uu_8_99.html. Diakses pada Februari 2017.

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wiyono, Slamet. 2006. Manajemen Potensi Diri. Jakarta: PT Grasindo.

Yuliandri, Mustika Treisna. 2015. Jenis-Jenis Kopi Nusantara. Diakses dari majalah.ottencoffee.co.id (diakses pada Desember 2016).

Yuliandri, Mustika Treisna. 2015. Evolusi Kedai Kopi. Diakses dari majalah.ottencoffee.co.id (diakses pada Febuari 2017).

Yuliandri, Mustika Treisna. 2015. Apa Perbedaan Manual Brew dengan Espresso?. Diakses dari majalah.ottencoffee.co.id (diakses pada Febuari 2017).




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i2.3537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039