Pembenahan Sentra Industri Peuyeum di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung dalam rangka Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis UMKM

Dudung Abdurrahman, Tia Yuliawati, Mochamad Malik Akbar Rohandi, Nadri Taja

Abstract


Artikel ini merupakan hasil dari kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terhadap UMKM yang memiliki peranan penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Bandung yang memiliki potensi ekonomi yang besar. Salah satu UMKM yang terkenal di Kabupaten Bandung bergerak dalam bidang pengolahan peuyeum. Program ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan utama di sentra industri peuyeum di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung yakni belum terkelolanya usaha tersebut dengan baik dan teratur dari segi operasional, keuangan, SDM dan pemasaran. Program ini menggunakan teknik partisipatif melalui metode penyuluhan dan pelatihan. Peserta adalah para pelaku UMKM industri pengolahan peuyeum di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung yang tersebar di beberapa daerah antara lain: daerah Babakan, Lebak Gede dan Cipaheut. Hasil dari program PKM ini antara lain: (1) pengetahuan dan kesadaran para pelaku UMKM industri pengolahan peuyeum di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung mengenai pentingnya pengelolaan usaha yang baik dan teratur mulai meningkat pasca penyuluhan dan pelatihan, (2) tim pengabdi berhasil menghubungkan pelaku UMKM peuyeum Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung dengan supplier bahan baku singkong di beberapa daerah di Kota Bandung untuk mengatasi permasalahan terbatasnya bahan baku singkong yang mengganggu keberlangsungan kegiatan produksi.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik 2015.

Bismala, Lila. 2016. Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, Volume 5, Nomor 1, Maret 2016.

Hafzah, Mohammad. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Infokop Nomor 25 Tahun XX.

Harumy, T. Henny Febriana. 2013. Analisis Pengaruh Modal Sosial Terhadap Peningkatan Nilai Tambah Produk UMKM dan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Langkat. Jurnal Universitas Sumatera Utara (USU), Tahun 2013.

Marhadi R. 2003. Ekonomi Kerakyatan Keunggulan Kelemahan dan Propek Ke Depan Ekonomi Kerakyatan Dalam Kancah Globalisasi. Jakarta: Deputi Bidang Pengkajian Sumber Daya UMKM, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI.

Menteri Negara BUMN. (2007, April 27). Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-5/MBU/2007 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Jakarta: Meneg BUMN RI.

P Nayla, Akifa. 2015. Panduan Lengkap dan Praktis tentang Pajak & UKM. Yogyakarta: Laksana.

Rukminto, Adi Isbandi. 2008. Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumodiningrat, Gunawan dan Wulandari, Ari. 2015. Menuju Ekonomi Berdikari; Pemberdayaan UMKM dengan Konsep OPOP-OVOP-OVOC. Yogyakarta: Media Pressindo.

Sutrisno, Joko dan Sri. 2006. Pengkajian Koperasi dan UKM. Journal of Management Consultant, Nomor 2 Tahun 2006.

Syafitri, Ade. 2012. Pelaksanaan Pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Program Kemitraan Sebagai Wujud Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Skripsi UI: 2012.

Tambunan, Tulus. 2002. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Jakarta: Salemba Barat.

www.depkop.go.id.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.3601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039