Effectiveness C2C E-Commerce Media In Bandung (Case study at Tokopedia.com and Bukalapak.com)

Mochamad Malik Akbar Rohandi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat membuka suatu peluang baru dari pasar yang telah ada, tanpa disadari semua kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi tanpa harus keluar rumah, terdapat berbagai pengaruh yang mempengaruhi kualitas e-commerce yang pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan pembelian customer. E-commerce berbasis C2C yang ada saat ini perlu untuk dilakukan evaluasi dan diketahui tingkat keefektifannya terutama dalam melakukan tinjauan literatur secara menyeluruh mengenai masalah ini untuk membantu mengidentifikasi aspek-aspek yang mempengaruhi kualitas e commerce sehingga dapat terjadi transaksi yang efektif terutama bagi para start up. Penelitian ini menggunakan explanatory research yang bersifat verifikatif dideskripsikan secara langsung dengan total sampel 183 responden pengguna e-commerce di Kota Bandung. Pembahasan pertama menggunakan total penilaian jawaban kriteria baik dan baik sekali, kedua dengan menggunakan analisis garis kontinum. Hasil penelitian menunjukan pengguna jual-beli online didominasi oleh wanita 56%, rentang usia antara 17-24 tahun, dengan alasan Praktis, Kemudahan, Variatif, Kecepatan dan Murah. Sementara itu hasil yang berbeda ditunjukan dalam dua pembahasan tersebut yakni pertama Bukalapak sebagai media e-commerce yang lebih baik 90,30%, sementara pembahasan kedua Tokopedia lebih baik dengan nilai 75,60%.


Full Text:

PDF

References


Akdon dan Riduwan. 2007. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung. Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Gotzamani, Katerina D. Dan Tzavlopoulos, Yannis E. 2009. Measuring E Commerce Quality: An Exploratory Review. International Journal of Quality and Service sciences, Vol 1 Iss 3 pp. 271-279.

Green et al. 1989. Multidimensional Scaling: Concept and Applications. Allyn and Bacon.

Greenacre, M.J. (1984). Theory and Applications of Correspondence Analysis. Academic Press. London.

Haryadi Sarjono, Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL sebuah pengantar Aplikasi untuk Riset. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

http://www.alexa.com/siteinfo/Tokopedia.com

http://www.alexa.com/siteinfo/bukalapak.com

https://www.bukalapak.com/about

http://www.internetworldstats.com/stats.htm

http://www.internetworldstats.com/stats3.htm

http://www.internetworldstats.com/asia/id.htm

https://www.Tokopedia.com/about

Kaplan, M. Robert, & Saccuzo, P. Dennis.2001. Psychological Testing Principles and Issues, 2nd Edition. Woodsworth Publishing.

Kotler, Philip and Keller, Kevin L. 2016. Marketing Management. New Jersey. Prentice Hall.

Laudon, Kenneth C dan Traver, Carol Guercio. 2017. E-Commerce 2016: Business, Technology and Society. Pearson Global edition.

Laudon, Kenneth C. dan Laudon, Jane P. 2012. Management Information System. Prentice Hall. Mohapatra, Sanjay. 2013. E-commerce Strategy. Springer.

Lee, Young Eun dan Bensabat, Izak. 2004. A Framework For The Study Of Customer Interface Design For Mobile Commerce. International Journal of Electronic Commerce Vol. 8, No. 3, pp 79-102.

Merwe, Rian van der dan Bekker, James. 2003. A Framework and Methodology for Evaluating E-Commerce Websites.

Parasuraman, et al. 2005. ESQUAL A Multiple Item Scale For Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research Vol. 7 No X 2015.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Singh, I.K. 2003. Criteria for the Development of Effective University Websites. South african Journal of Information Management Vol. 5 September 2003.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Umar, Husein. 2008. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Webster, Frederick E. Dan Lusch, Robert F. 2013. Elevating marketing: marketing is dead! Long live marketing. Journal of the Academy of Marketing Science Vol. 41 No. 4.

Zikmund et al. 2010. Business Research Methods. Canada. South Western.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i2.3628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039