Pengaruh Akuisisi Grab kepada Uber dan Citra Perusahaan (Corporate Image) terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online (Studi Kasus Masyarakat Pertamburan Pengguna Jasa Transaportasi Online)
Abstract
ABSTRACT
In Indonesia, especially Jakarta there are several kinds of online transportation such as Grab, Uber and Go-Jek. Along with the emergence of a variety of online taxis make the people choose from a variety of online transport that is in line with their wishes, and this will certainly create competition among online transportation. One Who survived the competition then he was the winner. Like one of the things that happened between Grab and Uber. Grab has acquired an Uber that will certainly generate a corporate image in the community. With the various descriptions that the authors pour on the above, the researchers are interested in doing this research by using explanatory research which refers to quantitative approaches and using survey research methods by distributing questionnaires to online transportation users. From the results of the study, the Grab Acquisition to Uber has a significant and positive influence. Similarly, Corporate Image has a significant and positive influence on the decision of online transport use.
ABSTRAK
Di Indonesia khususnya Jakarta terdapat beberapa macam transportasi online seperti Grab, Uber dan Go-Jek. Seiring dengan munculnya berbagai macam ojek online membuat masyarakat memilih dari berbagai macam transportasi online tersebut yang sesuai dengan keinginannya, dan ini tentunya akan membuat persaingan diantara transportasi online tersebut. Siapa yang bertahan menghadapi persaingan maka, dialah yang menjadi pemenang. Seperti salah satunya yang terjadi antara Grab dan Uber. Grab telah mengakuisisi Uber yang tentunya akan menimbulkan Citra Perusahaan di masyarakat. Dengan berbagai uraian yang telah penulis tuangkan diatas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) yang merujuk pada pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode penelitian survei dengan cara membagikan kuesioner kepada pengguna transportasi online. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Akuisisi Grab kepada Uber memiliki pengaruh yang signifikan dan positif. Begitu juga Citra Perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan penggunaan transportsi online.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alimul Hidayat, Aziz. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
Anggoro, Lingar. 2000. Teori Profesi Kehumasan. Bandung: Bumi Aksara
Badan Pusat Sttaistik (BPS). 2017. Kecamatan Tanah Abang Dalam Angka 2017. Jakarta: BPS.
Baroroh, Ari. 2018. Trik-Trik Analisis Statistik Dengan SPSS 15 Jakarta:PT.Elex Media Komputindo.
Brealey, RA Myers,S.C., dan Marcus A.J. (1999). Fundamentals of Corporate Finance. Edisi Kedua. Irwin Mcgraw-Hill:Boston.
Damodaran, A Swath. (2001). Corporate Finance: Theory and Practice. Second edition. USA: John Wiley and Sons Inc.
Dermawan Sjahrial. 2007. Manajemen Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Gou Li Xian. 2011. Corporate, Product, and User Image Dimensions and Purchase Intentions. Journal of Computers, Departement of marketing School of business, Renmin University of China, Beijing, China
Harianto dan Sudomo. (2001). Merger dan Akuisisi. Jurnal Manejemen
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/12/go-jek-aplikasi-transportasi-online-paling-banyak-digunakan
Kadji, Yulianti. 2016. Metode Penelitian Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Deepublish.
Kotler, Philip dan Keller, L Kevin. 2009. ManajemenPemasaran. Edisi 13.Jakarta : PT GeloraAksaraPratama
Kotler, P dan Keller.2007.Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas.Jilid 2.PT Indeks.Indonesia.
Pearce, John A dan Robinson Richard B. 2008. Manajemen Stategis-Formulasi, Implementasi, Dan Pengendalian, Edisi 10 Buku 1 Strategic Management-Formulation, Implementatition, And Control, 10th Edition. Jakarta: Salemba Empat.
Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi Dan Multivariate Dengan SPSS.Yogyakarta: Gava Media
Ratih, Ida Aju Brahma. 2009. Pengaruh Kinerja Produk, Pelayanan dan Sumberdaya amnesia Terhadap Niat Pembelian Ulang Melalui Citra Perusahaan dan Kepuasan Pelanggan PT Asuransi Jiwasraya. Ekuitas. Vol. 13, no.2, p.176-198.
Santoso, Singgih. 2005. Menggunakan SPSS untuk Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo
Setiadi, Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan Keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2006. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Soewito, Yudhi. 2013. Kualitas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian 227 - 242 Sepeda Motor Yamaha Mio. Jurnal Ekonomi. Vol.1, No.3 Juni 2013.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.CV.
Suhari, Yohanes . 2008. Keputusan Pembelian Secara Online dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jurnal Teknologi Informasi. Vol. 8(2) : Hal. 140-146.
Sutojo, Siswanto. 2004. Membangun Citra Perusahaan. Jakarta : Damar Mulia Pustaka.
Wijaya, Tony. 2012. Cepat Menguasai SPSS 20 Untuk Olah Data Interprestasi Data. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i0.4102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa
Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:
Alamat Redaksi:
Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. ISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039