Pengaruh SMS Broadcast terhadap Brand Image Indosat Cabang Bandung
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the extent of the effectiveness of the Broadcast SMS program on Brand Image. The method used is descriptive and experimental survey. The population in this study is the users of prepaid INDOSAT products with an average credit usage above Rp. 500,000 in the city of Bandung totaling approximately 1,180,000 customers. Sampling is done by Convenience Sampling. As for testing the reliability of a measuring instrument in this study used the alpha conbach method. The results of this study are: 1) Promotion through Indosat Broadcast SMS is very ineffective for increasing sales; 2) Brand Image of PT. Indosat Tbk. Bandung based on company recognition, company reputation, affinity, domain, and other assets shows that respondents have a fairly good rating; 3) there is a positive influence from Broadcast SMS on Brand Image of PT. Indosat Tbk. Bandung significantly by 26.7% while the other 73.3% is influenced by other factors.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektifitas dari program SMS Broadcast terhadap Brand Image. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan survey ekspalantori. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk INDOSAT prabayar dengan rata – rata pemakaian pulsa diatas Rp. 500.000 di kota Bandung berjumlah kurang lebih 1.180.000 pelanggan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Convenience Sampling. Adapun untuk menguji keandalan suatu alat ukur pada penelitian ini digunakan metode alpha conbach. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Promosi melalui SMS Broadcast Indosat sangat tidak efektif untuk meningkatkan penjualan; 2) Brand Image PT. Indosat Tbk. Bandung berdasarkan company recognition, company reputation, affinity, domain, dan aset lainnya menunjukkan bahwa responden memiliki penilaian yang cukup baik.; 3) terdapat pengaruh positif dari SMS Broadcast terhadap Brand Image PT. Indosat Tbk. Bandung secara signifikan sebesar 26,7% sedangkan 73,3% lainya dipengaruhi oleh faktor lain.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alma, Buchairi. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Hasan, Iqbal. 2004. Analisa Data Penelitian Dengan Statistik. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Jenkins, F. (2006). Mobile Marketing, Young Customer Vol 7 Issue 2, pp 60-63, https://doi.org/10.1108/17473610610701501.
Kaplan, A. M. (2012). If you love something, let it go mobile, mobile marketing and mobile social media 4x4, Business Horizons. Volume 55, Issue 2, 129-139.
Kotler, P., Keller K. L. (2016). Marketing Management, Global Edition. USA: Pearson Education,Inc.
Petruzzellis, Luca. (2010). Mobile phone choice: technology versus marketing. The Brand Effect in the Italian Market, Europian Journal of Marketing, Vol 44, Issue 5, pp 610-634. https://doi.org/10.1108/03090561011032298.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV. ANDI.
Scharl, Arno, Dickinger, Astrid, dan Murphy, Jamie. (2005). Diffusion and success factors of mobile marketing, Electronic Commerce Research and Applications Vol 4 Issue 2, pp 159.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i0.4150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa
Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:
Alamat Redaksi:
Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. ISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039