Pengaruh Budaya Organisasi Islami terhadap Efektivitas Organisasi (Studi pada Rumah Sakit Syariah Kab. Sumedang)

Allya Roosallyn Assyofa, Mochamad Malik Akbar Rohandi, Shania Antony Putri

Abstract


Makalah ini mencoba untuk menginvestigasi hubungan antara budaya organisasi dan efektivitas organisasi dari perspektif Islam di rumah sakit. Budaya organisasi dan keefektifan organisasi telah memperoleh banyak popularitas dan sejumlah besar diskusi di kalangan pengusaha dan memang menarik minat para peneliti. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk fokus pada penelitian yang secara holistik mencakup masalah yang paling signifikan dari subjek. Oleh karena itu, bertujuan untuk mengisi kesenjangan ini, penelitian ini mengusulkan kerangka kerja konseptual untuk memahami pengaruh budaya organisasi terhadap efektivitas organisasi. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan adopsi budaya organisasi dari Perspektif Islam karena merupakan salah satu faktor penting dalam menghasilkan lingkungan yang ideal yang memupuk yang terbaik dari karyawan dan organisasi, dan komitmen dan pengalaman orang-orang di dalamnya. Pertama, konsep budaya organisasi dan efektivitas organisasi dibahas secara singkat. Kemudian, analisis untuk penelitian disajikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survei eksplanatori. Penelitian ini menghasilkan bahwa budaya organisasi dari perspektif Islam mengandung As suluk Al fardi (Perilaku Individu), As suluk Al jama'i (perilaku Inter-individu), dan As suluk Al mudir (perilaku manajerial) secara signifikan terkait dengan efektivitas organisasi.


References


Adityangga, Krishna. 2010. Membangun perusahaan Islam : Dengan manajemen budaya perusahaan islami-Islamic Corporate Culture Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Adnanputra, AS. 1999. Nilai-nilai Islam dan Budaya corporat, dalam effendi, et.el. Nilai dan Makna Kerja Dalam Islam. Jakarta : Nuansa madani.

Alamsyah. 2002. Pengembangan Konsep dan Instrument Budaya Organisasi Islam untuk Rumah Sakit Bernafaskan Islam. Tesis, Program Pasca Sarjana FKM UI. Depok.

Hakim, Abdul. 2012. "The Implementation of Islamic Leadership and Islamic Organizational Culture and Its Influence on Islamic Working Motivation and Islamic Performance PT Bank Mu." Asia Pacific Management Review 17.1: 77-90.

Khaliq, Ahmad. 2007. Management form Islamic Perspective. Pearson Custom Publishing ISBN:978-967-349-070-7.

Mangkunegara. 2003. Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : PT Refika Aditama

Qardhawi, Yusuf. (1995). Daurul Qiyam wal Akhlaq fil Iqtishodil Islami, First Edition, Maktabah Wahbah, Kairo, Mesir. Hafidhuddin, Utomo, Tamhid (penerjemah, 1997). Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam. Cetakan pertama. Robbani Press, Jakarta.

Rivai, Veithzal. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Robbins, S.P. 2002. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid II, Edisi Bahasa Indonesia, Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka. Jakarta: Prenhalindo.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i0.4423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039