Strategi meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariah melalui Penerapan Religiusitas

Yulia Putri, Ani Solihat, Rani Rahmayani, Iis Iskandar, Andry Trijumansyah

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi meningkatkan minat menabung di Bank Syariah melalui penerapan religiusitas dan minat menabung di Bank Syariah. Inti masalah penelitian ini mengenai penerapan religiusitas masyarakat Indonesia untuk segala aspek terutama dalam mengelola keuangan sehingga mempengaruhi minat masyarakat dalam memilih Bank dan pertumbuhan Bank Syariah berbanding terbalik dengan pertumbuhan penduduk mayoritas muslim di Indonesia sehingga perlu dilakukan analisis mengenai penerapan religiusitas terhadap peningkatan minat menabung masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode yaitu kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dan verifikatif. Analisis data menggunakan uji statistik yang terdiri dari analisis regresi sederhana, analisis korelasi dan koefisien determinasi, dan uji t. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental dan jumlah sampelnya adalah 98 orang dari jumlah populasi nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Antapani Bandung sebanyak 5.664 nasabah. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan religiusitas termasuk dalam kategori rendah, tetapi mengarah positif. Pengujian yang dilakukan secara parsial variabel religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat menabung masyarakat di Lingkungan Bank Syariah Mandiri KCP Antapani Bandung.

.

Kata kunci : Religiusitas, Minat Menabung, Bank Syariah

 

 

ABSTRACT

 

The study aims to analyze the strategy of increasing interest in saving in Syaria Banks through the application of religiosity. The core problem of this research concerning the application of Indonesian society's religiosity for all aspects, especially in managing finance, thus influencing the interest of the community in choosing the Bank and the growth of Islamic Banks is inversely proportional to the growth of the majority Muslim population in Indonesia so that an analysis of the application of religiosity is needed to increase the interest in savings. Data writing techniques in this study were observation,  interviews, documentation, and questionnaires. This study uses a quantitative method with descriptive and verification statistical approaches. Data analysis uses statistical tests consisting of simple regression analysis, correlation analysis and coefficient of determination, and t test. The sampling technique used is incidental sampling and the number of samples is 98 people from the total cutomer population of Bank Syariah Mandiri KCP Antapani Bandung as many as 5,664 customers. The results showed that the relationship of religiosity was in the low category, but has positive direction. Partial testing of religiosity variables has a significant effect on the interest in saving society in the Bank Syariah Mandiri Environment KCP Antapani Bandung.

 

Keywords: Religiusity, Interest of Saving, Syariah Bank


References


Abhimantra, A., Rahmi Maulina, A., & Agustianingsih, E. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) Dalam Memilih Menabung Pada Bank Syariah. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Tekniki Sipil), 5(10), 5–12. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30630.32324

Alamsyah, D. P. (2016). Kepercayaan Konsumen Pada Produk Organik. Jurnal Ecodemica, IV(2), 146–155.

Cahyani, A. F. (2013). Pengaruh Persepsi Bunga Bank dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Bank BNI Syariah di Kota Bandung. Journal of Social and Politic, 2(3), 1–9.

Damayanti, S. (2017). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah untuk Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang x. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 17–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.1412

Farid, M., & Aviyah, E. (2014). Religiusitas , Kontrol Diri Dan Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Indoonesia, 3(02), 126–129. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.376

Hidayat, S. (2018). Rasio aset bank syariah terhadap bank umum masih jauh dari 10. Retrieved from https://keuangan.kontan.co.id/news/rasio-aset-bank-syariah-terhadap-bank-umum-masih-jauh-dari-10

Karim, A. A., & Affif, A. Z. (2005). Islamic banking consumer behaviour in Indonesia: a qualitative approach. International Journal Islamic Finance, 5(1), 1-18.

Mu’in, A. (2016). Syudi Analisis Religiusitas Mahasiswa FE UNY yang Menabung di Bank Syariah. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nisak, A., Saryadi, & Suryoko, S. (2013). Pengaruh Kelompok Acuan dan Pengetahuan Tentang Perbankan Syari’ah Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syari’ah Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(1), 44–50. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/download/1619/1613

Nurma Sari, F., & Khoirul Anwar, M. (2018). Pengaruh Tingkat Religiusitas Santri Pondok Pesantren Darussalam Kediri Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 25–35. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/23022

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. (M. A. Firsada, Ed.) (1st ed.). Bandung: ALFABETA, CV.

Rohaeni, H., Hikmah, A. S., & Rahmayani, R. (2018). Be Good Atitude Dalam Berpenampilan Pada UMKM “ Mang Piat ” Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 142–148.

Rohmatun, K. I., & Dewi, C. K. (2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap. Journal Ecodemica, 1(1), 27–35.

Roisah, R., & Iskandar, I. (2013). Pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan nasabah pada pt bank tabungan negara kcp kopo. Jurnal Ecodemica, 1(2), 23–32. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/134

Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah hubungan citra merek, kualitas produk dan keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ecodemica, IV(1), 100–107.

Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2016). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati. EQUILIBRIUM Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 43–61. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v4i1.1837

Sari, D. I. (2017). Strategi Promosi dan Store Interior Pada Industri Ritel. Jurnal Ecodemica, 1(2), 183–192.

Solihat, A., Hakim, L., & Setiawati, S. D. (2016). Strategi produk cilok sebagai makanan khas kota bandung. Jurnal Ecodemica, IV(2), 242–249.

Souiden, N., & Rani, M. (2015). Consumer attitudes and purchase intention towards islamic bank: The influence of religiosity. International Journal of Bank Marketing, 33(2), 143–161. https://doi.org/10.1108/IJBM-10-2013-0115

Triana, N., Nurhasanah, N., & Senjiati, I. H. (2016). Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Disposible Income Mahasiswa Fakultas Syari ’ ah Unisba terhadap Minat Menabung di Bank BRI Syari ’ ah Kantor Kas Unisba Influence The Level of Religiosity and Disposable Income Students of The Faculty of pendapatan dispos. Prosiding Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(2), 529–534. Retrieved from http://karyailmiah.unisba.ac.id/

Wijayani, D. R. (2017). Kepercayaan Masyarakat Menabung pada Bank Umum Syariah. Muqtasid, Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18326/muqtasid.v8i1.1-17




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v16i1.4532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License